nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemda Minta Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS Daerah

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 07 Juli 2018 02:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 06 320 1918887 pemda-minta-pemerintah-buka-rekrutmen-cpns-daerah-loEbudH8Gf.jpg Foto: Tes CPNS (Okezone)

JAKARTA – Pemerintah daerah (pemda) meminta pemerintah pusat agar mencabut moratorium dan segera membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Untuk diketahui, selama empat tahun ini pemerintah pusat memang membuat kebijakan moratorium penerimaan CPNS. Pembukaan seleksi CPNS tahun lalu pun hanya untuk kementerian/lembaga di pemerintah pusat. Pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), sebelumnya memastikan akan membuka seleksi CPNS tahun ini.

Perkiraan jumlah formasi yang dibuka sekitar di bawah 200 ribuan. Jumlah yang jauh dari kebutuhan karena pemerintah menggunakan pendekatan minus growth. Dengan demikian, jumlah penerimaan di bawah angka pensiun. Namun kapan rekrutmen dibuka, Menpan-RB Asman Abnur menyatakan pemerintah masih melakukan verifikasi atas usulan formasi CPNS dari instansi melalui e-formasi. Dia berharap verifikasi dapat segera dituntaskan untuk mengetahui kebutuhan CPNS.

Baca Selengkapnya: Kekurangan PNS, Daerah Desak Pemerintah Segera Buka Rekrutmen CPNS

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini