nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Diluncurkan, Presiden Jokowi akan Cek Pelaksanaan Sistem Perizinan Online

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 12:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 09 320 1919792 usai-diluncurkan-presiden-jokowi-akan-cek-pelaksanaan-sistem-perizinan-online-exhuxcSvu0.jpeg Peluncuran OSS (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution meresmikan Sistem Perizinan Online terpadu alias Online Single Submission (OSS). Artinya sistem OSS ini sudah mulai bisa digunakan pada hari ini.

Menko Darmin mengatakan, nantinya Presiden Joko Widodo ingin menengok langsung sistem perizinan berbasis online ini di Kantor Kemenko Perekonomian. Tujuannya adalah untuk melihat apakah sistem ini berfungsi secara baik atau justru masih kurang maksimal.

"Dengan ini secara resmi sistem OSS resmi diluncurkan. Pak Presiden (Joko Widodo) memesankan kepada saya (dia) akan data untuk melihat OSS," ujarnya dalam acara peresmian sistem OSS, di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Darmin Nasution dan Yasonna Bicara Perbaikan Iklim Usaha dan Revitalisasi Hukum 

Darmin menjelaskan, pelaksanaan OSS sendiri seharusnya berada di Kantor BKPM. Namun, dikarenakan ada alasan teknis, untuk sementara sistem online ini berada di Kemenko Perekonomian.

Namun hal tersebut hanya berlangsung sementara. Sebab, pelaksanaan sistem OSS di Kemenko hanya berlangsung selama 6 bulan saja, sambil menunggu kesiapan dari BKPM.

"Pelaksanaan OSS itu ada di BKPM. Ini kita lakukan di Kantor Menko hanya menunggu kesiapan lebih baik yang akan dilakukan BKOM mudah-mudahan tidak lebih dari 6 bulan. Setelah itu kita serahkan semua sehingga dia di sana akan permanen dan pengembangannya berlanjut," jelasnya.

Peluncurna OSS

Menurut Darmin, peluncuran sistem OSS sendiri bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Sehingga adanya OSS ini diharapkan bisa semakin mempermudah dan mempercepat proses perizinan.

Sebagai contohnya, bagi investor yang berada di daerah tidak perlu datang ke pusat untuk mengajukan perizinan. Cukup dengan mendaftar lewat aplikasi atau datang langsung ke PTSP yang ada di daerah maka izin bisa langsung keluar.

"Peluncuran operasional OSS ini mulai berlaku di seluruh Indonesia. Bisa di akses dari mana saja, dari kamar hotel Anda melakukan aplikasi investasi. Atau investor atau pelaku usaha bisa memanfaatkan fasilitas ini di semua PTSP," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini