nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perang Dagang dengan AS, Menperin: Bukan Ancaman yang Besar

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 19:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 09 320 1920050 perang-dagang-dengan-as-menperin-bukan-ancaman-yang-besar-wNuBABkQ9v.jpg (Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pada awak media, Foto:Okezone_

BOGOR - ‎ Pemerintah ‎tidak merasa khawatir dengan adanya ancaman perang dagang Amerika Serikat terhadap produk-produk asal Indonesia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menilai, perang dagang Amerika tak akan berpengaruh untuk Indonesia. Sebab, bila melihat secara geopolitik nilai perdagangan impor dam ekspor Indonesia di negara Paman Sam itu berada pada urutan ke-17.

‎"Jadi tentu kami tidak melihat ini sebagai sesuatu yang akan menjadi ancaman yang besar terhadap Indonesia," ujar Airlangga seusai Ratas mengantisipasi dampak dari ketidakpastian perekonomian global di Istana Kepresidenan Bogor,Jawa Barat, Senin (9/7/2018).

Meski demikian, Airlangga mengatakan bahwa pemerintah tetap akan melakukan komunikasi dengan pemerintah Amerika‎ yang tengah mengevalusi keberadaan generalized system of preference (GSP) ke produk Indonesia.

Ini Dia Momen Kebersamaan Donald Trump dan Kim Jong Un

‎"Ini suatu yang biasa GSP di review, semua negara yang punya GSP direview, tapi Indonesia jadi salah satu negara yang dilakukan review tahun ini," paparnya.

Dia menjelaskan, pemerintah akan memperkuat perekonomian nasional, dalam menyikapi kondisi perekonomian di dunia maupun di dalam negeri.

"Beberapa catatan dari rapat tadi adalah bagaimana kita meningkatkan ekspor dan juga melakukan optimalisasi terhadap impor dan juga mengembangkan subtitusi impor agar perekonomian semakin kuat," papar Airlangga.

Sebelumnya ‎diketahui Presiden Amerika Donald Trump mengancam bakal mengenakan tarif ke-124 produk asal Indonesia menyusul defisit yang terjadi pada Amerika dalam hubungan dagang dengan Indonesia belakangan ini.

 

(feb)

(rhs)

Berita Terkait

Ekonomi RI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini