Tak Ada APBN-P 2018, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 10:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 10 20 1920253 pemerintah-tak-rombak-apbn-2018-ini-penjelasan-sri-mulyani-jMnQes3jcT.jpg Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani (Reuters)

BOGOR - Pemerintah tidak akan mengajukan postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2018. Pasalnya, pelaksanaan penggunaan anggaran pada semester I ini dinilai telah cukup baik.

"Karena postur APBN cukup baik dan tidak mengalami deviasi yang besar dari sisi jumlah penerimaan negara dan jumlah belanja negara, dan defisit lebih kecil dari direncanakan, maka Bapak Presiden menyampaikan bahwa untuk APBN 2018 ini kita tidak melakukan APBN perubahan,"kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (9/7/2018) kemarin.

Menkeu Sri Mulyani: Kinerja APBN 2018 Alami Perbaikan

Sri Mulyani memastikan akan menyampaikan keputusan pemerintah ini kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pekan depan. Dengan begitu, pemerintah akan menggunakan instrumen fiskal untuk tetap menjaga perekonomian. Utamanya, kondisi perekonomian yang dihadapkan kepada tekanan global.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, bahwa pemerintah akan terus berupaya memperbaiki berbagai sektor yang dibutuhkan baik dalam bentuk insentif dan lainnya.

Didampingi Menkeu Sri Mulyani, Presiden Jokowi Terima Delegasi AIIB di Istana Bogor

Dengan demikian, kondisi ekonomi ini tetap bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekspor, dan mengelola impor agar perekonomian tetap stabil.

"Dan kita bersama-sama dengan otoritas moneter dan otoritas jasa keuangan (OJK) untuk terus menjaga agar dalam menghadapi gejolak global kita tetap bisa menjaga ekonomi stabil dan berkelanjutan," pungkasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini