nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Indonesia, Simak Pentingnya Bayar Pajak

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 18:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 11 20 1921050 masyarakat-indonesia-simak-pentingnya-bayar-pajak-40tIXBfqvv.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pajak merupakan sektor penting penerimaan negara. Untuk itu, masyarakat harus sadar pula betapa pentingnya bayar pajak bagi kelangsungan perekonomian sebuah negara.

Demikian dikatakan Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun dalam seminar bertema ’Membangun Kesadaran Pajak' di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Rabu (11/07/2018).

“Pajak adalah tulang punggung negara kita. Masyarakat harus paham betapa pajak memiliki peran penting dalam memperkokoh perekonomian dan pembangunan Indonesia,” katanya.

 

Misbakhun mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak masih rendah. Hal itu bisa dilihat pada angka tax ratio.

Misalnya, pada sektor sumber daya alam (SDA) migas dan pertambangan hanya 11%. Berbeda dengan angka domestik bruto (PDB) yang terus mengalami kenaikan.

"Pertanyaan besarnya adalah kenapa sampai saat ini tax ratio kita cenderung menurun setiap baseline PDB kita naik? Tax ratio 11,6% adalah angka yang tentunya jauh dari harapan banyak pihak," ujar mantan pegawai DJP Kemenkeu itu.

Hari Ini Batas Pelaporan SPT Wajib Pajak 2017

Dia menambahkan, merujuk teori kontrak sosial maka negara mengikat masyarakatnya dalam bentuk pajak. Bahkan, ketika baru lahir saja sudah harus membayar pajak, walau masih hanya pajak pertambahan nilai (PPN).

“Inilah yang ingin saya sadarkan bahwa Anda tidak bisa melawan negara dalam peran menjalankan kewajiban," ujarnya di hadapan peserta seminar yang mayoritas mahasiswa itu.

Penerimaan negara dari pajak sendiri, ujar legislator Golkar itu, saat ini sekira 80%. Pajak tersebut kemudian digunakan untuk biaya pembangunan.

“National interest kita tidak boleh diganggu. Saya berdiri di sini bertujuan ingin membangun kesadaran bersama. Pajak itu adalah bagian dari penghidupan kita sampai mati. Ini adalah semua kesadaran bersama," pungkasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini