CPNS 2018, Kuota Khusus untuk Tenaga Kesehatan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 15:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 11 320 1920896 cpns-2018-kuota-khusus-untuk-tenaga-kesehatan-VlufMcoNJX.jpg Foto: Lowongan CPNS 2018 untuk Tenaga Kesehatan (Giri/Okezone)

JAKARTA - Kabar gembira bagi tenaga kesehatan dan pendidikan baik yang ada di pusat maupun di daerah. Pasalnya pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 pemerintah akan memprioritaskan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Bahkan khusus untuk tenaga pendidikan pemerintah menyiapkan kuota khusus di luar kuota yang ditetapkan. Ada sekitar 100.000 kuota yang disiapkan untuk tenaga pengajar pada seleksi CPNS 2018 ini

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, sama halnya dengan tenaga pendidikan, tenaga kesehatan juga akan juga disediakan khusus di luar kuota yang sudah ditentukan. Namun dirinya mengaku belum bisa membeberkan berapa angka pasti kuota yang untuk formasi tenaga kesehatan ini.

 

Sebab menurutnya, pihaknya masih menunggu pengajuan pegawai yang dibutuhkan dari Kementerian Kesehatan. Termasuk juga jumlah pegawai yang pensiun.

"Kesehatan juga dapat prioritas, tapi jumlahnya belum kita tetapkan. Kita menunggu data dari Kemenkes yang pensiun berapa, kemudian permintaan dari daerah," ujarnya saat ditemui di Gedung ICE BSD, Tangerang, Rabu (11/7/2018).

Asman menambahkan, penetapan formasi ini juga mempertimbangkan kebutuhan kesehatan yang di daerah. Termasuk juga penghitungan berapa jumlah rumah sakit yang tersedia serta puskesmas yang ada.

"Kan ada rumah sakit baru, ada Puskesmas baru, itu kan membutuhkan tenaga kesehatan baru," ucapnya

 

Asman memastikan, untuk proses pembukaan seleksi dan pendaftaran formasi CPNS prioritas ini akan bersamaan dengan pembukaan CPNS 2018. Hanya saja, kuotanya dipisahkan dari formasi CPNS 2018 umum.

"Iya akan bersamaan (pembukaan dan proses seleksinya," tegasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini