Lowongan CPNS 2018 Bakal Diperebutkan 10 Juta Pelamar

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 18:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 11 320 1921056 lowongan-cpns-2018-bakal-diperebutkan-10-juta-pelamar-koUxyKyImi.jpg Ilustrasi: Foto Setkab

TANGERANG - Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus melakukan persiapan-persiapan teknis untuk pendaftaran dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang akan segera dibuka. Pasalnya, BKN memperkirakan jumlah pendaftar CPNS tahun ini akan jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu.

Kepala Badan Kepagawawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pada tahun ini diperkirakan jumlah pendaftar bisa mencapai 10 juta orang. Hal tersebut dikarenakan jumlah formasi yang disediakan pada tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun lalu saja, jumlah pendaftar mencapai kurang lebih 2 juta orang, padahal formasi yang dibuka hanya sekitar puluhan ribu saja. Sementara pada tahun ini,  formasi akan jauh lebih banyak.

 

Untuk posisi guru saja misalnya pemerintah menyiapkan kuota sebesar 100.000 formasi. Maka bisa diprediksi jumlah formasi yang dibuka bisa diatas angka 100.000 formasi.

"jadi kita mengantisipasi 10 juta pendaftar ya. Kita mengantisipasi jumlahnya berapa," ujarnya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Rabu (11/7/2018).

Apalagi lanjut Bima, selama kurun waktu lima tahun belakangan pemerintah melakukan moratorium seleksi CPNS. Sementara dalam kurun waktu itu juga jumlah PNS yang pensiun terus bertambah.

"Empat tahun enggak pernah ada kan (pembukaan CPNS). Tapi kalau setahun aja 2 juta (pelamar), lima tahun 10 juta dong," tegasnya.

 Presiden Jokowi Motivasi 5.165 CPNS pada Kuliah Umum di Istora Senayan

Oleh karena itu lanjut Bima, pihaknya terus melakukan persiapan-persiapan intensif sejak dini. Tujuannya adalah agar pihaknya tidak kewalahan menghadapi pendaftar yang diprediksi mencapai puluhan juta orang.

"Supaya kita enggak keteteran. Kita siapkan 5 juta tauhnya yang daftar 10 juta mabok nanti. Mudah mudahan tidak sebesar itu karena berat juga kalau 10 juta," ucapnya.

Salah satu langkah yang tengah dilakukan adalah dengan merapatkan barisan dengan BKN yang ada di daerah untuk menyiapkan infrastruktur IT-nya. Sebab seleksi CPNS pada tahun ini dipastikan seluruhnya adalah berbasis komputer (CAT).

"Kalau formasinya selesai ditandatangani ini sekarang ini untuk menyiapkan proses seleksinya. Kan mereka belum tahu juga kapan nih kita supaya tidak terburu buru mending kita siapkan sekarang. Di mana lokasinya berapa perkiraan jumlahnya berapa jumlah komputernya itu kan harus disiapkan dulu enggak bisa semerta-merta," jelasnya.

 Presiden Jokowi Motivasi 5.165 CPNS pada Kuliah Umum di Istora Senayan

Untuk lokasi BKN sendiri menyiapkan 90 titik yang berada diseluruh Indonesia. Namun dirinya mengamini jika jumlah tersebut belum mencukupi untuk mengakomodir semuanya mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas.

Namun dirinya mengaku mengantisipasi agar wilayah-wilayah yang belum terjamah bisa dialihkan ke daerah lainya. Tentunya pengalihan tersebut melihat juga tergantung dari letak wilayahnya.

"Enggak mungkin cukup 90. Indonesia kan luas. Dari Los Angles sampai New York Indonesia," tegasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini