nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pembukaan Lowongan CPNS 2018, Intip 8 Fakta Menariknya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 06:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 11 320 1921098 jelang-pembukaan-lowongan-cpns-2018-intip-8-fakta-menariknya-ctS2jgGgtO.jpg Foto: Lowongan CPNS 2018 Dibuka Akhir Juli (Giri/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Adapun pada pembukaan CPNS pada tahun ini diutuamakan untuk memenuh kebutuhan pegawai di daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan kajian-kajian dengan beberapa lembaga dan Kementerian lainya. Termasuk mengenai berapa jumlah formasi yang akan dibuka.

Berikut ini fakta-faktamenarik tentang pembukaan pendafataran seleksi CPNS 2018 yang dirangkum oleh Okezone Finance:

1. Diumumkan Akhir Juli 2018

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) memberi bocoran mengenai kapan pengumuman pembukaan pendafataran CPNS dilakukan. Dirinya menargetkan pengumuman formasi dan pendaftaran CPNS bisa dilakukan dalam waktu dekat sebelum akhir tahun. Bahkan dirinya berharap agar pengumuman pembukaan CPNS 2018 bisa dilakukan pada akhir bulan Juli 2018. Oleh karenanya, dirinya berharap agar masyarakat bersabar dan menunggu tanggal resminya kapan pendaftaran CPNS bisa dilakukan.

 

2. Mekanisme Pendaftaran dan Seleksi Lewat Satu Jalur

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto mengatakan, ada yang berbeda pada pembukaan seleak CPNS 2018 pada tahun ini. Perubahan yang dimaksud adalah pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi. Maksudnya adalah, seluruh pendaftaran dan seleksi CPNS benar benar akan dikelola melalui satu website yang dikelola oleh BKN yakni www.sscn.bkn.go.id.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kecuranga-kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan CPNS 2018 tahun ini. Sementara untuk seleksi CPNS 2018 Iwan juga menyebut jika proses seleksi ini nantinya akan juga terintegrasi. Dalam proses seleksi nantinya hanya akan diselenggarakan lewat BKN dengan mekanisme Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis Computer Assisted Test (CAT).

3. Siapkan 100.000 Formasi Guru

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan segera dibuka dalam waktu dekat. Nantinya, ada beberapa formasi yang menjadi prioritas dalam pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 ini, salah satunya adalah tenaga pengajar alias guru. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, khusus guru memang disipakan kuota khusus diluar kuota penerimaan CPNS 2018.

Setidaknya pihaknya membuka sekitar 100.000 untuk tenaga pengajar alias guru pada pembukaan CPNS 2018 ini. Menurut Asman, usulan tersebut bahkan sudah diajukan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Saat ini usulan tersebut hanya tinggal menunggu dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo sebelum nantinya benar-benar disetujui dan ditetapkan.

 

4. Siapkan Formasi Khusus Atlet dan Diaspora

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebut ada yang berbeda dalam penetapan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Sebab ada beberapa formasi khusus yang disiapkan oleh pemerintah pada pembukaan CPNS 2018 ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformaai Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, salah satu yang baru pada pembukaan CPNS tahun ini adalah formasi khusus anak bangsa yang berkarir di luar negeri (diaspora). Namun, dirinya masih terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk mengehtahui berapa banyak kebutuhan pegawai yang akan di buka. Asman menambahkan, pada tahun ini pihaknya juga akan membuka formasi khusus para atlet. Namun atlet yang dimaksud adalah mereka yang benar-benar berprestasi dan bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di kancah dunia.

 

5. Penyandang Disabilitas dan Masyarakat Papua Disiapkan Formasi Khusus

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, untuk formasi nya nantinya akan diutamakan untuk mengisi pegawai di daerah. Utamanya adalah untuk yang berada di daerah terluar, tertinggal dan terdepan. Oleh karena itu pemerintah juga menyediakan dan membuka formasi khusus bagi mereka pengandangan disabilitas. Ada juga formasi khusus yang diberikan dan dibuka untuk putra-putri Indonesia dari Indonesia bagian timur.

 

6. Seleksi CPNS 2018 Bebas dari Intervensi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, proses rekruitment PNS pada tahun ini dipastikan akan berlangsung ketat dan tegas. Seluruh peserta tidak ada yang diperkenankan untuk melakukan kecurangan. Bahkan, pemerintah daerah pun tidak diperkenankan untuk intervensi dalam proses recruitment tersebut. Apalagi sampai ada yang berani untuk memberikan uang kepada pejabat pusat maupun daerah guna memuluskan langkah menjadi abdi negara.

 

7. Honorer Di bawah 35 Tahun Diperbolehkan Ikut CPNS 2018

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, tenaga honorer bisa mengikuti seleksi CPNS pada tahun ini. Asalkan yang bersangkutan memenuhi kualifikasi yang tertera pada persyaratan menjadi abdi negara tersebut. Menurut Asman, tak ada kesitimewaannyang akan didapatkan oleh tenaga honorer, sekalipun itu dengan masa baktinya gue sudah bertahun-tahun. Jika tenaga honorer memenuhi syarat dan lulus tes maka pemerintah akan mengangkat orang yang bersangkutan menjadi PNS.

8. Jumlah Pendaftar CPNS 208 DIprediski Capai 10 Juta Orang

Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus melakukan persiapan-persiapan teknis untuk pendaftaran dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang akan segera dibuka. Pasalnya, BKN memperkirakan jumlah pendaftar CPNS tahun ini akan jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu. Kepala Badan Kepagawawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pada tahun ini diperkirakan jumlah pendaftar bisa mencapai 10 juta orang.

Hal tersebut dikarenakan jumlah formasi yang disediakan pada tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Pada tahun lalu saja, jumlah pendaftar mencapai kurang lebih 2 juta orang, padahal formasi yang dibuka hanya sekitar puluhan ribu saja. Sementara pada tahun ini, Noah formasi akan jauh lebih banyak, Untuk posisi guru saja misalnya pemerintah menyiapkan kuota sebesar 100.000 formasi. Maka bisa diprediksi jumlah formasi yang dibuka bisa diatas angka 100.000 formasi.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini