RI Belum Bisa Produksi Roda hingga Rel Kereta

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 11:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 320 1921305 ri-belum-bisa-produksi-roda-hingga-rel-kereta-oHLsNeeiYA.jpeg Direktur KAI Edi Sukmoro (Foto: Feby/Okezone)

JAKARTA – Industri kereta api Indonesia masih bergantung pada impor. Sebab, ada beberapa komponen yang belum bisa diproduksi di dalam negeri. Salah satu komponen kereta api yang belum bisa dibuat adalah roda kereta dan rel.

dirut kai

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mengupayakan penyediaan beberapa komponen yang kereta api butuhkan. Pasalnya, komponen tersebut selama ini masih didatangkan dari luar alias impor.

"Seperti roda tidak bisa buat, rel tidak bisa buat. Itu komponen yang ada dari luar," ungkap Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam acara Special Dialog Okezone, di iNews Tower, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Baca Juga: PT KAI Terima Suntikan Dana PMN Rp3,6 Triliun

Menurut Edi, upaya untuk mengurangi impor tentu terus dilakukan dengan sinergi antar BUMN. Misalnya, PT INKA yang selama ini diandalkan memproduksi kereta bersinergi dengan BUMN lain untuk bisa memproduksi komponen apapun yang masih impor.

dirut kai

"Kita upayakan dalam bentuk sinergi BUMN supaya dikerjakan di Indonesia. Kalau sampai hari ini andalkan INKA untuk sarana itu diharapkan sinergi BUMN lain supaya produk lainnya ada," tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini pemerintah tengah menyusun rencana untuk mengurangi impor. Adapun aktivitas impor yang akan dibatasi dilakukan pada bahan baku dan barang modal. Upaya tersebut dilakukan agar defisit transaksi berjalan atau current account defisit dapat diperkecil.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini