nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Ingin Pastikan LRT Jakarta Siap Dipakai untuk Asian Games

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 16:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 320 1921479 menhub-ingin-pastikan-lrt-jakarta-siap-dipakai-untuk-asian-games-eV0zNq7oga.jpg Foto: Menhub Ingin Pastikan LRT Jakarta Siap Digunakan (Ulfa/Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta yang memanjang dari Velodrome hingga Kelapa Gading telah mencapai 90%. LRT Jakarta memang disiapkan salah satunya untuk event internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia yaitu Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018 nanti.

"Hari minggu saya akan kunjungi, informasi yang saya dapat mereka sudah lakukan tes dinamis. Kita akan kunjungi hari Minggu untuk memastikan saat Asian Games dia (LRT) siap dioperasikan," ujarnya di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Kamis (12/7/2018).

 

Indonesia sendiri memiliki tiga proyek LRT, yaitu LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) dan LRT Jakarta yang memanjang dari Velodrome hingga Kelapa Gading. Pemerintah juga mengembangkan di luar pulau Jawa yaitu di Palembang.

Selain LRT Jakarta, pemerintah juga menyiapkan LRT Palembang untuk mensukseskan Asian Games 2018. Saat ini pembangunan LRT Palembang mencapai 95%. Sementara LRT Jabodebek pembangunannya mencapai 40%.

 

Menhub mengungkapkan, banyak investor asing yang berminat untuk berinvestasi pada proyek LRT . Adapun investor yang telah menyatakan minat untuk menanamkan modal pada proyek LRT antara lain datang dari Jepang, Korea, China, dan beberapa negara Eropa.

"Kita memang mengupayakan majority dari infrastruktur itu kita. Tapi sarana, sebagian prasarana, dan operator manajemen itu kita kasih investor," kata Menhub.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini