nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelindo II Tunggu Lampu Hijau Kelola Pelabuhan Patimban

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 17:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 320 1921553 pelindo-ii-tunggu-lampu-hijau-kelola-pelabuhan-patimban-7rwKWUi3lv.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - PT Pelindo II (Persero) mengaku siap untuk mengelola Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat. Bahkan, perusahaan pelabuhan plat merah ini mengaku siap jika perseoran ditunjuk pemerintah untuk mengelola Pelabuhan tersebut secara penuh.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum diberikan lampu hijau oleh Kementerian Perhubungan untuk mengelola Pelabuhan yang akanenjado kebanggaan Jawa Barat itu. Padahal, pihaknya sudah menyampaikan ketertarikannya secara resmi lewat letter of intent kepada Kementerian Perhubungan.

“Patimban kami sudah mengirimkan surat letter of intent," ujar ya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

 

Bahkan lanjut Elvyn, pihaknya sudah menyiapkan ancang-ancang untuk mengikuti lelang. Hal tersebut guna mengantisipasi jika nantinya Kementerian Perhubungan melakukan lelang untuk pengelolaan pelabuhan tersebut.

"Kalau nanti Kemenhub melakukan lelang, tentu kami akan ikut lelang," ucapnya.

Elvyn mengaku tidak keberatan jika pengelolaan pelabuhan tersebut hanya diberikan beberapa persen saja. Sebab, dirinya menyadari jika pemerintah Jepang memiliki saham yang besar dikarenakan ikut membiayai proyek pelabuhan tersebut.

 

Pemerintah Jepang sendiri diberikan 49% saham di pelabuhan Patimban tersebut, sementara sisanya boleh dimiliki oleh perusahaan Indonesia. Pemerintah Jepang sendiri ikut membiayai proyek tersebut sebesar Rp14,17 triliun dari total Rp42 triliun.

“Kita minat karena kami expertise di situ. Ketentuannya kan ini kerja sama dengan asing, Jepang. Porsi Indonesia 51% di Pelabuhan Patimban,” ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini