nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuasai 51% Saham Freeport, Apa Langkah Pemerintah Selanjutnya?

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 19:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 320 1921591 kuasai-51-saham-freeport-apa-langkah-pemerintah-selanjutnya-07PZeDtxJz.jpg Foto: Divestasi Saham Freeport (Feby/Okezone)

JAKARTA - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum bersama dengan Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian atau Head of Agreement (HoA) terkait penjualan saham Freeport McMoran dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke Inalum. Akan tetapi, proses pengalihan 51% saham PTFI kepada Indonesia belum selesai.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjelaskan, setelah pokok-pokok perjanjian ditandatangani Inalum dan Freeport McMoran, selanjutnya dua belah pihak akan mempersiapkan perjanjian patungan atau joint venture agreement. Sebab, Inalum akan memiliki porsi saham sebesar 51,38% sementara Freeport McMoran akan memiliki 49% saham di Tambang Grasberg.

"Karena ini nanti PT Freeport Indonesia menjadi 51%, lalu 49 Freeport McMoran tentunya harus ada JV agreement yang sekarang kita detailkan," ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

 

Rini melanjutkan, setelah perjanjian patungan final maka dua belah pihak akan menandatangani kembali perjanjian tersebut. Inalum juga akan menyelesaikan transaksi pembayaran setelah perjanjian patungan tersebut selesai ditandatangani.

Saat itulah, 51% saham Freeport Indonesia resmi dimiliki oleh pemerintah melalui Inalum sekaligus menandai berakhirnya proses divestasi 51% saham Freeport Indonesia.

Selanjutnya, Rini mengatakan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk Freeport Mc Moran.

"Setelah tanda tangan dan bayar Pak Jonan dan Bu Menteri Keuangan akan mengeluarkan IUPK-nya dan lain lain yang menjadi bagian dari IUPK," kata dia.

 Freeport Sepakat Divestasi 51% Saham dan Bangun Smelter hingga Januari 2022

Sekadar informasi, dengan head of agreement ini telah disepakati struktur dan harga untuk membeli 51% divestasi saham. Adapun nilai divestasi 51% saham Freeport Indonesia adalah sebesar USD3,85 miliar.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini