nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Richard Adkerson: 70% Keuntungan Freeport untuk Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 19:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 320 1921596 richard-adkerson-70-keuntungan-freeport-untuk-indonesia-6VPrQSyE7i.png Foto: Divestasi Saham Freeport (Twitter Kemenkeu)

JAKARTA - CEO Freeport McMoran Richard Adkerson menyambut baik ditandatanganinya Head of Agreement (HoA) dengan PT Freeport Indonesia. Dengan HoA tersebut maka ada proses penyelesaian divestasi, di mana negara akan menguasai 51% saham di tambang grasberg.

Menurutnya, dengan perjanjian pendahuluan ini maka proses perpanjangan hak operasi PT Freeport yang habis pada 2021 pun semakin jelas. Di mana pemerintah pemerintah akan memberikan 2x10 tahun dengan waktu maksimal sampai 2041.

"Perpanjangan akan mengamankan masalah investasi bernilai miliaran dolar, yang akan memberikan kepastian bagi pemegang saham PTFI, termasuk Inalum, pekerja kami, masyarakat setempat, pemasok kami, kontraktor kami dan semua pemangku kepentingan," ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

 Freeport Sepakat Divestasi 51% Saham dan Bangun Smelter hingga Januari 2022

Menurut Adkerson, perpanjangan masa operasi di tanah Papua ini sangat memberikan manfaat dan masa depan bagi pemerintah akan meningkat secara signifikan. Pasalnya, dengan memberikan kepastian investasi, Freeport memperkirakan manfaat langsung untuk pemerintah pusat dan daerah dan dividen untuk inalum.

"Berdasarkan harga tembaga di masa depan, antara USD60 miliar-USD90 miliar. Di bawah struktur baru kami, lebih dari 70% dari keuntungan akan diberikan kepada pemerintah, melalui pajak, royalti, dividen kepada Inalum," ujarnya.

Meski tidak lagi menjadi mayoritas, Richard mengatakan, Freeport tetap berkomitmen untuk terus beroperasi dengan standar tertinggi, utamanya saat melakukan operasi dengan cara yang bertanggung jawab dan dengan pembangunan berkelanjutan untuk melindungi lingkungan serta menghasilkan manfaat maksimal bagi masyarakat Indonesia.

 Freeport Sepakat Divestasi 51% Saham dan Bangun Smelter hingga Januari 2022

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini