nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Negosiasi 6,5 Tahun, Adkerson Akui Kegigihan Indonesia Ambil Alih Saham Freeport

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 19:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 320 1921614 negosiasi-6-5-tahun-adkerson-akui-kegigihan-indonesia-ambil-alih-saham-freeport-TUuQ5qjIi3.jpg Foto: Divestasi Saham Freeport (Okezone)

JAKARTA - PT Inalum (Persero) bersama dengan Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian atau Head of Agreement (HoA) terkait penjualan saham Freeport McMoran dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke Inalum.

Dalam head of agreement ini telah disepakati struktur dan harga untuk membeli 51% divestasi saham. Adapun nilai divestasi 51% saham Freeport Indonesia adalah sebesar USD3,85 miliar.

CEO Freeport Mc Moran Richard Adkerson yang hadir langsung dalam penandatanganan ini pun menuturkan upaya pemerintah Indonesia yang berusaha mengambil alih mayoritas saham Tambang Grasberg.

"Sebenarnya kami sudah bernegosiasi selama 6,5 tahun. Hari ini adalah hasil dari pertemuan saya secara pribadi dengan Menteri Jonan (Menteri ESDM), Menteri Sri Mulyani (Menteri Keuangan), ketika mereka datang ke New York musim panas lalu," tutur Adkerson di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

 Akhirnya, Divestasi 51% Saham Freeport Ditandatangani

Freeport Mc Moran mendirikan Freeport Indonesia pada tahun 1967, dengan demikian, Freeport Mc Moran telah 51 tahun menguasai mayoritas saham Freeport Indonesia.

Setelah penandatanganan pokok perjanjian tersebut, maka proses pengalihan saham mayoritas kepada Indonesia mulai dilakukan.

Richard menuturkan, dua belah pihak sempat mengalami kebuntuan akan proses divestasi tersebut. Akan tetapi, proses pembahasan tetap dilanjutkan meskipun ada beberapa kendala yang harus diselesaikan.

"Saya mendengarkan dengan sangat hati-hati dan pada akhir Agustus kami membuat kerangka kerja, untuk mencoba memenuhi tujuan tersebut dengan cara yang akan melestarikan operasi yang telah kami dirikan di Papua," kata Adkerson.

 Akhirnya, Divestasi 51% Saham Freeport Ditandatangani

Sekadar informasi, setelah perjanjian patungan final maka dua belah pihak akan menandatangani kembali perjanjian tersebut. Inalum juga akan menyelesaikan transaksi pembayaran setelah perjanjian patungan tersebut selesai ditandatangani.

Saat itulah, 51% saham Freeport Indonesia resmi dimiliki oleh pemerintah melalui Inalum sekaligus menandai berakhirnya proses divestasi 51% saham Freeport Indonesia.

Selanjutnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk Freeport Mc Moran.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini