nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PLN Resmi Salurkan Listrik untuk MRT Jakarta 60 Juta VA

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 14 320 1922228 pln-resmi-salurkan-listrik-untuk-mrt-jakarta-60-juta-va-9AQTJh8WcA.jpg Ilustrasi MRT Jakarta (Foto:Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) secara resmi menyalurkan pasokan listrik untuk proyek transportasi MRT Jakarta. Pasokan listrik yang disalurkan PLN untuk menjamin kehandalan proyek MRT sebesar 60 juta volt ampere.

General Manajer Distribusi Jakarta Muhamad Iksan Asaad mengatakan, pasokan listrik untuk MRT ini merupakan pelayanan premium sehingga dipastikan PLN menjamin kehandalan listriknya.

“Sehingga kami pasti meminimize risiko. Artinya PLN akan mengantisipasi sejauh mungkin adanya pemadaman listrik,” ujarnya di sela peresmian peyaluran listrik MRT, di gardu distribusi MRT Taman Sambas, Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

Dia menjelaskan, pasokan listrik MRT sebesar 60 juta VA akan digunakan operasional gerbong kereta hingga persinyalan. Di luar itu, PLN juga akan menambah pasokan untuk operasional 13 stasiun MRT.

 

“Itu nanti untuk kafe, kantin dan tempat-tempat makan dan transite of development di stasiun,” kata dia.

Terkait harga listrik untuk MRT , imbuhnya, Rp1.020 per kWh. Adapun harga ini merupakan harga prioritas industri.

“Harga ini merupakan harga industri. Sesuai aturan pemerintah harga industri diberikan insentif,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosyidin mengatakan, Penyaluran pertama ini akan digunakan untuk kegiatan konstruksi hingga pengoperasian MRT. Adapun listriknya dipasok dari gardu induk Pondok Indah dan CSW kemudian disalurkan ke gardu distribusi listrik (receiving substation/RSS) MRT Jakarta.

“MRT Jakarta menggunakan grade 150 kilovolt. Dari gardu distribusi MRT bawah tanah disalurkan ke gardu traksi di setiap stasiun untuk memenuhi operasional dan operasi kereta,” kata dia.

Dia melanjutkan, pasokan listrik tahap pertama PLN untuk memenuhi 13 stasiun MRT. Pihaknya meyakini, pasokan listrik MRT akan mendongkrak konsumsi listrik PLN.

“Di jawa saja, pertumbuhan konsumsinya mencapai 5,6%. Dari pengoerasian MRT pasti konsumsinya akan bertambah,” terangnya.

Dia juga menjamin keandalan listrik di Jakarta. Pasalnya pasokan listrik Jakarta, dipasok dari empat sistem yaitu gardu induk Balaraja, gardu induk Bekasi, gardu induk Muara Karang dan Priok, dan gardu induk Gandul.

 

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini