Share

Menteri Susi: Ancaman di Laut Indonesia Masih Tinggi

ant, Jurnalis · Minggu 15 Juli 2018 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 15 320 1922610 menteri-susi-ancaman-di-laut-indonesia-masih-tinggi-2uZjQZbjFb.jpg Foto: Menteri KKP Susi Pudjiastuti (Okezone)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan bahwa ancaman terhadap laut Indonesia masih tinggi seperti permasalahan sampah plastik yang masih bertebaran di kawasan perairan sehingga berbagai kalangan masyarakat perlu menyigapinya.

"Kalian menyaksikan betapa indah dan kayanya laut Indonesia, namun ancaman terhadap laut masih sangat tinggi," kata Menteri Susi dalam acara peluncuran Kampanye "Gerakan untuk Laut Indonesia yang Sehat" yang digelar di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (15/7/2018).

Sampah Cemari Pantai Malagueta di Malaga Spanyol 

Menurut Susi, permasalahan yang ada antara lain adalah Indonesia merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar hingga masih maraknya "destructive fishing" atau penangkapan ikan dengan merusak ekosistem.

Baca Juga: Menteri Susi: Saya Tenggelamkan 363 Kapal , Semoga Pencuri Ikan Tidak ke Sini Lagi

Menteri Susi mengungkapkan saat ke sejumlah daerah masih menemukan nelayan yang membawa potas dalam jumlah yang besar untuk menangkap ikan.

Sampah Cemari Pantai Malagueta di Malaga Spanyol 

"Padahal menggunakan potas sianida sebanyak 1 gram saja bisa membunuh ekosistem di luasan sekitar enam meter persegi," paparnya.

Untuk itu, ujar dia, menjaga lautan Indonesia bukan hanya tugas pemerintah tetapi juga tugas bagi setiap warga negara, apalagi Presiden Joko Widodo juga sudah menekankan bahwa laut adalah masa depan bangsa.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini