nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skema Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Disiapkan, Orang Kaya Tak Lagi Bisa Beli?

ant, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 11:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 16 320 1922852 skema-subsidi-gas-elpiji-3-kg-disiapkan-orang-kaya-tak-lagi-bisa-beli-vbLHpAwAhx.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Kementerian Sosial (Kemensos) tengah menyiapkan skema pendistribusian elpiji bersubsidi kemasan tabung 3 kg agar tepat sasaran.

"Sedang disiapkan mekanisme subsidi langsung elpiji 3 kg yang diintegrasikan dengan program bantuan sosial atau subsidi lain yang akan dikoordinasikan oleh Kemensos. Saat ini, sedang dipersiapkan verifikasi dan validasi data konsumen pengguna yang berhak mendapatkan subsidi tersebut," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Senin (16/7/2018).

 

Menurut dia, sesuai perkembangan terkini, sudah dilakukan rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dipimpin Menko PMK Puan Maharani dan dihadiri Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan untuk membahas pelaksanaan subsidi langsung elpiji 3 kg yang akan diintegrasikan dengan bantuan sosial lainnya.

Kemudian, Agung menjelaskan untuk penggunaan elpiji bersubsidi oleh usaha kecil dan menengah (UKM) dinilai kurang tepat.

"Sesuai Perpres No 104 Tahun 2007 dan juga Perpres 126 Tahun 2015 bahwa pengguna elpiji tiga kg bersubsidi adalah hanya konsumen rumah tangga, usaha mikro, dan nelayan. Sedangkan, untuk usaha kecil menengah (UKM) bukan merupakan pengguna elpiji 3 kg bersubsidi," kata Agung.

 Pasokan Gas Elpiji Seluruh Indonesia Dipastikan Aman

Pemerintah dalam waktu dekat akan mengendalikan distribusi elpiji bersubsidi kemasan tabung 3 kg agar tepat sasaran, yakni masyarakat atau konsumen yang kurang mampu.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini