nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bus Transjakarta Gratis Selama Asian Games 2018

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 11:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 24 320 1926473 bus-transjakarta-gratis-selama-asian-games-2018-43zrQVZiZT.jpg Ilustrasi Bus Transjakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta menyiapkan layanan bus Transjakarta gratis mulai 1 Agustus-15 September mendatang. Layanan ini bagian untuk menyukseskan Asian Games 2018.

Sedikitnya 350 unit dikerahkan untuk mengangkut 13.000 penumpang. Keberadaan bus Transjakarta gratis merupakan wujud Pemprov DKI dalam mengurai kemacetan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berharap masyarakat khususnya pemilik kendaraan pribadi terbiasa berpindah ke angkutan umum selama pergelaran Asian Games. Layanan gratis Transjakarta dikhususkan bagi relawan. Sementara layanan gratis untuk umum hanya berlaku pada pembukaan, penutupan, Sabtu-Minggu, serta hari libur nasional.

“Yang Sabtu-Minggu sekarang sedang dikaji dan saya sudah mendapat kabar positif dari Direktur Utama PT Transportasi Jakarta. Nanti dikoordinasikan dengan Inasgoc juga, tentu teman-teman Dinas Per hubungan dan Polda Metro Jaya di mintakan persetujuannya oleh Pak Gubernur,” ujar Sandi seusai membuka workshop dan pelatihan bagi 458 volunteers ticketing Asian Games 2018 di Jakarta Pusat.

Transjakarta Bersolek Sambut Asian Games Jakarta-Palembang

Terkait pemberian 25.000 tiket pada siswa didik, dia akan meminta Dinas Pendidikan serta Dinas Pemuda dan Olahraga DKI mengalokasikannya untuk siswa berprestasi di bidang olahraga.

“Kita minta tambahan 25.000 tiket lagi. Jadi bisa 50.000 tiket khusus venue-venue yang lebih mudah terakses yang berada di luar main venue di GBK. Kita bisa kirimkan sekolah-sekolah yang dekat lokasi,” katanya. 

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono menyebutkan, hanya sekitar 13.000 relawan Asian Games yang mendapat ID card volunteers Asian Games terintegrasi Transjakarta. Relawan akan memperoleh ID card sebelum Agustus.

Transjakarta bersama Inasgoc maupun lembaga perbankan milik pemerintah bekerja keras merealisasikan target tersebut. “Fasilitas ID card berlaku mu lai 1 Agustus hingga 15 September bagi seluruh relawan Asian Games,” ujarnya.

Transjakarta Bersolek Sambut Asian Games Jakarta-Palembang

ID card volunteers membantu relawan melaksanakan tugas-tugasnya dalam menyuk seskan Asian Games periode 18 Agustus-2 September dengan memanfaatkan layanan gratis Transjakarta. ID card juga dileng kapi foto maupun nama relawan sebagai identitas kepemilikan.

Konsep kartu ini menambah nilai kebanggaan pada relawan yang mendukung terselenggaranya Asian Games. “Kami berkontribusi besar mendukung kesuksesan Asian Gamesdenganmenyediakan350 bus bagi atlet dan layanan reguler bagi masyarakat,” kata Budi.

Di tempat terpisah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan Asian Games. Kali ini BRI sebagai official prestige partner Asian Games turut berpartisipasi dalam menyediakan ID card terintegrasi BRIZZI bagi volunteers. (Bima Setiyadi/ Kunthi Fahmar).

(feb)

Direktur Mikro dan Kecil BRI Priyastomo mengatakan, pemberian ID card kepada relawan merupakan bukti keseriusan BRI dalam mendukung kesuksesan Asian Games.

“ID card juga berfungsi sebagai uang elek tronik BRIZZI akan memudahkan volunteers melakukan transaksi keuangan,” ujarnya.

Kota Tua Berornamen Asian Games 2018

BRI memberikan 3.000 ID card volunteers yang difungsikan sebagai kartu tanda pengenal sekaligus uang elektronik. Mereka memperoleh privilege , yakni bisa bertransaksi di seluruh merchant berlogo BRIZZI, seperti pembayaran di pintu tol, Transjakarta, KRL Commuter Line, E-Parking DKI, serta merchant ritel lainnya.

Pemprov DKI Tambah Armada Bus Transjakarta dan Membangun Tiga Koridor Baru untuk Asian Games 2018

Tak hanya itu, pemegang ID card mendapat kompensasi khusus menumpang Transjakarta gratis. Untuk top up kartu, relawan dapat menggunakan uang tunai kelipatan sebesar Rp50.000 di gerai-gerai, seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Yomart, dan merchant rekanan lainnya yang tersebar di lebih 25.000 gerai seluruh Indonesia.

“Relawan pemegang ID card juga dapat top up di ATM, mobile banking, dan internet banking yang tergabung dalam jaringan Prima, Bersama, dan Link. Bila menggunakan smartphone Android dapat memakai teknologi NFC untuk top up ,” katanya. (Bima Setiyadi/ Kunthi Fahmar).

(feb)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini