nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susanne Klatten, Wanita Tersukses di Dunia Automotif

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 12:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 24 320 1926523 susanne-klatten-wanita-tersukses-di-dunia-automotif-cmLEvb8U9i.jpg Ilustrasi Logo BMW (Foto: Reuters)

JAKARTA - Susanne Klatten mungkin tidak seterkenal Elon Musk. Namun, di industri automotif yang dikuasai oleh para pria, bisa jadi Klatten lebih sukses.

Kekayaan Klatten diperkirakan mencapai USD22,8 miliar, yang membuatnya menjadi salah satu wanita terkaya di industri automotif. Tidak seperti Musk, yang membangun perusahaan mobil listrik dari nol, Klatten, mewarisi saham BMW dari kedua orangtuanya, Herbert dan Johanna Quandt.

Dia dan saudaranya, Stefan Quandt, memiliki hampir 50% dari saham perusahaan raksasa asal Jerman tersebut. Setiap tahun kekayaannya terus-menerus meningkat. Stefan sendiri saat ini menjabat sebagai deputy chairman dari BMW.

Dan ternyata memang kekayaan ibu tiga anak ini tidak hanya mengandalkan saham BMW semata. Itu karena dia juga mengontrol perusahaan farmasi Altana, memegang saham di sejumlah perusahaan besar lainnya.

Melihat Lebih Dekat Aktivitas Pekerja pada Perakitan BMW All-New BMW X3

Hingga saat ini dia tetap tinggal di Bad Homburg, Jerman, kota asal keluarganya. Herbert Quandt, sang ayah, meninggal pada 1982, meninggalkan Susanne, adik laki-lakinya, Stefan, dan istri ketiganya, Johanna Quandt, kepemilikan BMW dan aset lainnya.

Klatten merupakan pengusaha yang cerdas. Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas, Klatten belajar bisnis dan ekonomi di Frankfurt dan kemudian memperoleh gelar MBA dari sekolah bisnis IMD di Lausanne, Swiss. Namun, apa yang dia pelajari adalah melalui kerja langsung di kerajaan keluarganya.

Serunya Jurnalis Ikut BMW Media Driving Experience 2018 di Taman Nasional Tengger Semeru

Jika namanya jarang menghiasi media, itu karena Klatten menjalani kehidupan yang sangat tertutup. Hampir tidak pernah diwawancarai dan jarang terlihat di depan umum. Sebab, pada usia 16 tahun dia pernah menjadi korban penculikan walau akhirnya digagalkan,

Di depan umum, Klatten, selalu tampil cantik. Dengan rambut pendek dan senyuman lebar, berpakaian elegan. Selama 1989 sampai 1990 Klatten bekerja sebagai asisten dewan manajemen di Hubert Burda Media. Lalu ia terlibat dalam kursi direksi di perusahaan keluarga.

Pada 1993 dia menjadi direktur Altana dan membantu mengubah perusahaan menjadi perusahaan kelas dunia, dengan pendapatan USD4 miliar. Pada 1997 dia dan Stefan menggantikan ibunya di dewan direksi BMW. Sebagai anggota dewan di sana, Klatten membantu perusahaan tersebut melakukan sejumlah akuisisi. (Danang)

 

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini