nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KEK Mentawai Bakal Disulap Jadi Lokasi Surfing Terbaik di Dunia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 21:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 24 320 1926854 kek-mentawai-bakal-disulap-jadi-lokasi-surfing-terbaik-di-dunia-paCPKKbfBa.jpg Ilustrasi Surfing (Foto: Surfertoday)

JAKARTA - Pemerintah tengah mendorong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Mentawai, Sumatera Barat dengan membangun pelabuhan. Rencananya daerah tersebut akan menjadi salah satu lokasi selancar atau surfing terkemuka di dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan, saat ini terdapat sebanyak 26 titik selancar yang berpotensi untuk dikembangkan.

"Pulau (Mentawai) mau dibikin jadi salah satu selancar terbaik dunia," ujar dia di Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

 

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Hubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha Tjahjagama menyebutkan, terdapat 4 pelabuhan di Mentawai yang akan dikembangkan. Keempatnya yakni pelabuhan di Labuan Bajau, Teluk Tapang, Mabukuk, dan Carocok Painan.

Arif menyatakan, untuk Pelabuhan Labuan Bajau sendiri dianggarkan Rp60 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp60 miliar.

"Pelabuhan Bajau dianggarkan Rp60 miliar," katanya.

 

Berdasarkan data, lahan yang tersedia di Mentawai mencapai 2.600 hektare dan telah dibebaskan. Luasan lahan ini pun dinilai cukup untuk menjadikan Mentawai sebagai KEK.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini