nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agen Perjalanan hingga Pusat Oleh-Oleh Bisa Dapat KUR Pariwisata

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 16:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 08 426 1933611 agen-perjalanan-hingga-pusat-oleh-oleh-bisa-dapat-kur-pariwisata-mlPLUCC9Tn.jpg Pusat Oleh-Oleh (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan skema kredit sektor pariwisata dengan suku bunga rendah, yaitu 7% melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pariwisata. Hal ini meningkatkan penerimaan devisa di dalam negeri sehingga menstabilkan nilai tukar Rupiah.

Deputi Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, pemberian KUR ini akan mengembangkan pariwisata di Indonesia, khususnya di 10 destinasi pariwisata prioritas dan 88 kawasan strategis pariwisata nasional. Skema ini pun akan mulai berlaku sesegara mungkin.

"Aturan KUR yang spesfik untuk pariwisata, bisa dimulai Agustus ini dengan surat edaran dulu," katanya di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

 Festival 1001 Kuda Sandelwood Ajang Promosi Pariwisata NTT

Dia menjelaskan, selama ini tak ada KUR yang secara spesifik untuk sektor pariwisata, sehingga belum tentu bisa mendapatkan pembiayaan KUR. "Maka dari itu diputuskan bahwa KUR Pariwisata adalah KUR yang diberikan untuk kegiatan usaha produktif yang mendukung pariwisata," katanya.

KUR sektor pariwisata ini dapat diberikan kepada individu maupun kelompok usaha. Nantinya, perbankan akan menyesuaikan kebutuhan permintaan dengan plafon yang telah ditetapkan baik KUR Mikro maupun KUR Kecil.

Setidaknya terdapat 13 bidang usaha di sektor pariwisata yang dapat dibiayai KUR. Di antaranya mulai dari agen perjalanan wisata, sanggar seni, hingga pusat oleh-oleh.

Libur Lebaran, Ecowisata Orchid Forest Cikole Ramai Dikunjungi Warga

"Sanggar seni itu seperti tempat pertunjukan seni, yang menjadi sasaran kunjungan wisatawan, seperti sangaar tari, drama, pentas seni," jelasnya.

Berikut 13 bidang usaha yang mendapatkan fasilitas KUR Pariwisata yakni:

1. Agen perjalanan wisata

2. Sanggar seni

3. Penyelenggaraan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang UMKM

4. Penyediaan akomodasi termasuk pelayanan penginapan yang disertai layanan pariwisata lainnya

5. Penyediaan makanan dan minuman

6. Jasa informasi pariwisata

7. Tempat pengelolaan wisata

8. Jasa konsultan pariwisata

9. Usaha jasa pramuwisata termasuk pemandu wisata

10. Wisata tirta atau olahraga air

11. Jasa transportasi pariwisata

12. Industri kerajinan

13. Pusat oleh-oleh

(feb)

(rhs)

Berita Terkait

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini