nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Ketua Umum ISEI, Perry Warjiyo Incar Peningkatan Ekonomi

Oris Riswan, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 13:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 10 20 1934638 jadi-ketua-umum-isei-perry-warjiyo-incar-peningkatan-ekonomi-XU9XkT3gXG.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo ditetapkan menjadi Ketua Umum ISEI (Foto: Oris/Okezone)

BANDUNG - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) yang baru. Dia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XX yang dihelat di Bandung.

"Kongres ISEI XX telah menetapkan secara aklamasi, saya, Perry Warjiyo sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI periode 2018-2021," kata Perry, di Bandung, Jumat (10/8/2018).

Dia mengungkan, banyak hal yang bisa dipetik selama pelajaran di pelaksanaan Seminar Nasional dan Kongres ISEI XX yang berlangsung selama tiga hari.

Wawancara Khusus Bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

"Produktivitas adalah kunci keberhasilan ekonomi kita untuk maju, untuk maju dari sekarang untuk ke depan, meningkatkan petumbuhan ekonomi, menyejahterakan rakyat maupun inklusifnya ekonomi kita," ungkapnya.

Untuk mewujudkannya, produktivitas sektor informal menjadi kuncinya. Sehingga, ekonomi di sektor informal harus terus didorong, mulai dari meningkatkan enterpreneurship hingga meningkatkan akses keuangan.

Era digital yang saat ini dihadapi juga harus disikapi dengan baik, sehingga, produktivitas di sektor informal bisa mengalami peningkatan. Salah satunya dengan memaksimalkan e-commerce. Di saat yang sama, sektor formal juga bisa ditingkatkan.

Wawancara Khusus Bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

"Kenaikan produktivitas sektor formal bisa juga dinaikkan dengan era digital. Otomisasi, robotik, ataupun artificial intelligence, itu oportuniti yang bisa kita lakukan dengan era digital," ujarnya.

"Tapi semua itu kuncinya apa? Sinegi, sinergi, sinergi. Karena semua masalahnya harus dilakukan secara terintegrasi, di pusat, di daerah, antara pemerintah, pelaku bisnis, akademisi. Sinergi itu yang harus kita bawa bagaimana meningkatkan peran dan kekuatan dari ISEI ke depan," papar Perry.

Dia pun mengajak semua elemen di ISEI untuk mendorong berbagai perubahan agar produktivitas ekonomi nasional bisa tercapai. "Mari kita tingkatkan peran serta dari ISEI untuk memajukan ekonomi negeri ini," tandas Perry.

 

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini