nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Baru Belanja Online, e-Grocery Mulai Naik Daun

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 14:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 10 320 1934678 tren-baru-belanja-online-e-grocery-mulai-naik-daun-u67a8B4LNb.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Belanja online saat ini tengah naik daun. Diawali oleh jual beli baju di dunia maya, kini komoditi yang diperjualbelikan pun makin meluas, mulai dari beli rumah hingga kebutuhan di supermarket.

Tetra Pak, perusahaan kemasan makanan dan minuman meiliris 'Tetra Pak Index 2018' merilis data hasil penilitian mengenai tren belanja masyarakat Indonesia saat ini. Dalam riset tahunan yang diadakannya, Tetra Pak mencatat belanja makanan dan minuman secara online atau e-grocery jadi tren baru di Tanah Air.

Communication Manager of Tetra Pak Indonesia Gabrielle Angriani menyatakan, adanya peralihan konsumen yang kian tinggi dari aktivitas belanja konvensional atau offline, ke belanja secara digital atau online.

(Foto: Caloriesecrets)

Berdasarkan data di tahun 2015 lalu, Indonesia memiliki 18 juta konsumen konsumen yang berbelanja secara online dan diharapkan untuk terus tumbuh hingga 119 juta konsumen pada tahun 2020.

Gabrielle menjelaskan, e-grocery telah dipandang sebagai cara belanja baru yang menyegarkan bagi konsumen, terutama bagi yang terbiasa dengan belanja pangan secara offline.

 “Jenis produk yang tersedia dan dapat diakses secara online kurang lebih sama dengan yang ditawarkan di toko-toko, termasuk makanan dan minuman dalam kemasan,” terangnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/8/2018).

(Foto: ndtv)

Selain itu, hasil riset juga menunjukkan kemasan yang efisien secara berat maupun ruang dapat memberikan pengurangan volume transportasi sebesar 30%-50%. Minuman dalam kemasan seperti susu juga memiliki jumlah penjualan yang tinggi di e-commerce seperti Bukalapak dan HappyFresh. 

"Di Bukalapak sendiri, susu dalam kemasan menjadi item yang paling banyak dibeli dengan 6,18% dari total konsumen e-grocery," katanya. (yau)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini