nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Menteri Rini Jadi Srikandi Kabinet Kerja

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 21:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 10 320 1934937 kisah-menteri-rini-jadi-srikandi-kabinet-kerja-PMRnpTlctx.jpg Menteri Rini Ceritakan Kisah Hidupnya ke Siswa Mengenal Nusantara (Foto: Ulfa)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menceritakan motto hidupnya di depan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018. Rini bercerita bahwa dirinya tidak menyangka akan menjadi seorang Srikandi di Kabinet Kerja.

"Jadi enggak ada pikiran waduh saya harus jadi ini harus jadi itu. Tapi selalu saya menekankan apapun yang nanti saya kerjakan saya akan melakukan yang terbaik," kata Menteri Rini dalam acara Launching Program Siswa Mengenal Nusantara tahun 2018 di Vertical Garden, Telkom Landmark Tower, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Motto yang selalu dipegang Menteri Rini adalah menjalankan tanggung jawab apapun dengan maksimal kemampuan yang dimiliki.

"Saya selalu ingin melakukan yang terbaik apapun tanggung jawab yang diberikan kepada saya, saya ingin melakukannya sebaik mungkin. Itu saja sebetulnya," jelas Menteri Rini.

Wapres Jusuf Kalla Saksikan Penandatanganan Kerjasama Sponsor Asian Games 2018 dengan INASGOC

Untuk itu, Menteri BUMN Rini Soemarno berharap peserta yang mengikuti program SMN 2018 bisa tumbuh menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa. Tak hanya itu, melalui program ini juga akan mengajarkan peserta untuk lebih mengenal budaya Nusantara dan kiprah BUMN dalam membangun negeri.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Rini juga secara resmi melepas 150 siswa Program SMN. Pelepasan peserta yang bertajuk Inspiration Day ini, merupakan titik awal bagi para peserta untuk mulai menjalankan kegiatan pertukaran pelajar ke berbagai provinsi di Indonesia.

Selama dikirim ke provinsi tujuan, para peserta akan tinggal bersama keluarga angkat yang merupakan warga asli daerah tersebut. Para peserta akan memperoleh materi seperti wawasan sosial budaya, pendidikan, entrepreneurship, BUMN dan Nusantara.

Peserta program SMN adalah para pelajar terpilih yang telah melewati serangkaian proses seleksi, terkait prestasi akademik dan/atau non akademik, aktif sebagai pengurus organisasi, dan berasal dari keluarga yang kurang mampu. Untuk menciptakan kesempatan bagi seluruh pelajar tanpa terkecuali, program ini juga mengikutsertakan peserta difabel.

"Saya mendorong BUMN untuk terus mengambil bagian dalam program ini dan terus mendorong kemajuan serta prestasi generasi muda dan keutuhan negara ini tetap terjaga. Terima kasih kepada BUMN-BUMN yang sudah terlibat dalam program ini" imbuh Rini.

Siswa program SMN yang hadir pada kesempatan ini, melibatkan peserta dari 6 BUMN diantaranya Telkom sebagai koordinator Provinsi DKI Jakarta, BNI sebagai koordinator Provinsi D.I Aceh, Pertamina sebagai koordinator Provinsi Papua, WIKA sebagai koordinator Provinsi Sulawesi Tengah, Pelindo 2 sebagai koordinator Provinsi Bangka Belitung, dan Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) sebagai koordinator Provinsi Kalimantan Utara.

Turut hadir dalam kegiatan ini pejabat eselon I dan eselon II Kementerian BUMN, PGS Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) David Bangun, Direktur Utama PT JIEP (Persero) Landi R. Mangaweang, Direktur Keuangan PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) Daly Maulana dan Direktur Utama Perum PNRI Djakfarudin Junus, selaku BUMN PIC dan Co-PIC Program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2018 di Provinsi DKI Jakarta, serta para Direktur Utama dan Direktur BUMN lainnya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini