nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari 500, Hanya 40 Kabupaten dan Kota yang Punya Detail Tata Ruang

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 16:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 10 470 1934733 dari-500-hanya-40-kabupaten-dan-kota-yang-punya-detail-tata-ruang-NqbWegTBE0.jpg Ilustrasi Tata Ruang Kota (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) mendorong pemerintah daerah agar memiliki Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) perkotaan. RDTR sangat penting untuk pembangunan kota agar bisa lebih efektif.

Ketua Umum IAP Indonesia Bernardus Djonoputro mengatakan, saat ini masih sedikit sekali daerah yang memiliki RDTR. Berdasarkan catatannya, dari 500 kabupaten kota di Indonesia, baru 40 kabupaten kota yang memilki RDTR.

"RDTR di daerah ini dari 500 sekian kota hanya 40 yang sudah punya perda RDTR. Yang sudah duduk dan legal," ujarnya dalam acara bincang-bincang di Liberta Hotel Kemang, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Penataan Infrastruktur Jelang Asian Games 2018

Oleh karena itu, pemerintah perlu mengejar ketertinggalan, ketersedian RDTR tersebut dengan berbagi macam cara. Salah satunya, dengan percepatan proses RDTR di Kabupaten dan Kota.

Menurutnya, program percepatan 200 dearah memiliki RDTR bisa menjadi solusi. Namun dalam mengejar hal tersebut, pemerintah perlu melakukan beberapa hal.

"Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pemerintah agar target RDTR baru ini, RDTR itu harus Perda harus melalui proses DPRD. Bagiamana meyakinkan kalap proses perdannya selesai," jelasnya.

Sempat Diberhentikan Sementara, 38 Proyek Infrastruktur Layang Dilanjutkan

Selain itu, pemerintah juga perlu memastikan ketersediaan peta dan data. Data dan peta tersebut harus sama persis dengan lapangan. Menurutnya saat ini peta yang ada masih one map Policy yakni 1:50.000. Padahal menurutnya, RDTR harus berada di angka 1:5000.

"Pertama adalah ketersediaan peta, ini penting karena menjadi basis perencanaan rdtrnya sendiri maupun interfacenya dengan OSS," ucapnya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini