nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Kota Ternyaman di Dunia, Tak Ada Satu pun dari Amerika

Rafida Ulfa, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 06:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 14 320 1936468 10-kota-ternyaman-di-dunia-tak-ada-satu-pun-dari-amerika-HusxuDKwSR.png Foto: Wina sebagai kota ternyaman (Reuters)

JAKARTA - Wina dinobatkan sebagai kota ternyaman di dunia. Ibu Kota Austria itu merebut tahta Melbourne, yang sebelumnya didapuk sebagai kota paling nyaman untuk ditinggali.

Melansir data Economist Intelligence Unit (EIU), Wina hampir mencetak nilai sempurna yaitu 99,1 dari 100 dalam indeks. Kriteria penilaian kota ternyaman ini meliputi stabilitas, kesehatan dan lingkungan.

Sementara itu, kota-kota di Australia dan Kanada menempati tempat ke 6 dari 10. Cukup mengejutkan, bahwa kota di Amerika Serikat (AS) lagi-lagi tidak ada dalam daftar teratas kota ternyaman.

Seperti dikutip Bloomberg, Selasa (14/8/2018), kota-kota yang menjadi pusat keuangan justru tidak masuk dalam ranking teratas dalam indeks kota ternyaman. Misalnya London yang menempati urutan ke 48 dan New York pada peringkat ke 57.

Menurut laporan EIU, kota besar tersebut justru dinilai dengan transportasi umum yang terlalu padat serta tingkat kejahatan dan kemacetan yang lebih tinggi sehingga mengurangi daya tarik mereka.

Di sisi lain, kota di kawasan Asia cukup dipertimbangkan sebagai kota ternyaman. Sebut saja, Kota Osaka di peringkat ke-3 dan Tokyo di posisi ke-7.

Dua kota di Jepang tersebut berhasil meningkatkan posisinya dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Hal tersebut dipicu oleh, konsistensi upaya penurunan tingkat kejahatan dan peningkatan dalam transportasi umum.

Dari laporan EIU tersebut, mayoritas kota yang memiliki performa baik sebagai kota ternyaman adalah kota-kota menengah di negara-negara kaya dengan kepadatan penduduk yang relatif rendah.

Sementara, Damaskus disebut sebagai kota paling tidak nyaman untuk ditinggali dengan ranking terendah di posisi 140.

Tensi geopilitik membuat Kota Damaskus mendapatkan nilai paling rendah di antara kota di dunia lainnya. Sebagaimana diketahui Damaskus dilanda perang, infrastruktur yang tidak memadai, polusi tinggi, serta kondisi buruk lainnya.

Berikut adalah 10 kota paling nyaman ditinggali di dunia:

1. Wina

2. Melbourne

3. Osaka

4. Calgary

5. Sydney

6. Vancouver

7. Tokyo

8. Toronto

9. Kopenhagen

10. Adelaide.

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini