nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suku Bunga Acuan BI Naik Didukung Penguatan Strategi Operasi Moneter

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 14:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 15 20 1936896 suku-bunga-acuan-bi-naik-didukung-penguatan-strategi-operasi-moneter-VE6VHwkbna.jpeg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan untuk kembali menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps menjadi 5,50%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, kebijakan suku bunga tersebut didukung penguatan strategi operasi moneter dengan memperkuat konvergensi suku bunga pasar uang antar bank dengan suku bunga kebijakan moneter untuk memperkuat efektivitas transmisi kebijakan moneter.

Wawancara Khusus Bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Selain itu, BI juga melanjutkan langkah-langkah akselerasi pendalaman pasar keuangan. Misalnya, di pasar uang, keberhasilan implementasi IndONIA sebagai suku bunga acuan pasar uang akan diikuti dengan pengembangan instrumen OIS (Overnight Index Swap) dan IRS (Interest Rate Swap).

"Hal ini mampu mendukung pembentukan struktur suku bunga pasar yang lebih efisien," ujar Perry, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Wawancara Khusus Bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Di pasar valas, BI meningkatkan efektivitas penyediaan swap valas baik dalam rangka operasi moneter maupun dalam rangka hedging dengan tingkat harga yang lebih murah.

"Berbagai kebijakan tersebut diyakini akan memperkuat alternatif instrumen pengelolaan likuiditas di pasar dan mendukung stabilitas nilai tukar tukar Rupiah," tuturnya.

(feb)

(rhs)

Berita Terkait

7 days Repo Rate

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini