nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengusaha Tidak Panik Suku Bunga BI Jadi 5,5%

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 22:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 15 20 1937150 pengusaha-tidak-panik-suku-bunga-bi-jadi-5-5-GzgznlNnRC.jpeg Konferensi Pers Kadin soal Devisa Hasil Ekspor (Foto: Giri)

JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 14-15 Agustus 2018 memutuskan untuk menaikan 25 basis poin (BPS) 7-Day Reverse Report Rate (BI 7-Day RR Rate). Suku bunga acuan kini berada di level 5,5% dari 5,25%.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, dinaikinya suku bunga ini tidak terpengaruh terhadap dunia usaha. Sebab, sejak awal para pengusaha sudah memprediksi jika BI akan menaikan suku bunganya.

"Kalau kita dari dunia usaha kita sudah tahu suku bunga akan naik," ujarnya di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Menurut Rosan, pihaknya juga tidak panik ketika suku bunga dinaikan. Meskipun diakuinya akan ada kenaikan cost of fund dari para pengusaha.

"Kita enggak kaget dan heran kita sudah antisipasi. Apakah ada kenaikan lagi? Ya akan ada kenaikan lagi cost of fund kita jadi naik. Karena sudah tahu itu bukan membuat kita jadi panik," jelasnya.

Lagi pula, pengusaha sudah memprediksi adanya kenaikan suku bunga acuan oleh BI karena melihat wacana yang akan dilakukan oleh Bank Sentral Amerika Serikat juga. Yang mana The Fed akane menaikan setidaknya sebanyak dua kali lagi dalam tahun ini.

"Kalo kita dari dunia usaha kita sudah tau suku bunga akan naik. Kenapa kita sudahe melihat dari Fed akan menaikan suku bunga 2 kali," jelasnya.

 

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini