nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alternatif Desain Rumah Tipe 45 agar 'Kelihatan' Luas

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 11:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 15 470 1936741 alternatif-desain-rumah-tipe-45-agar-kelihatan-luas-NIRL5MD5zB.jpg Ilustrasi: Foto Koran Sindo

JAKARTA - Masih berbeda dengan edisi sebelum-sebelumnya, kali ini saya juga mengetengahkan desain yang sudah jadi berupa desain rumah tipe 45 dengan pendekatan desain yang berbeda.

Desain ini saya buat untuk perumahan Grand Hana Regency di Sidoarjo. Saya mengangkat desain ini dengan harapan memberikan alternatif untuk desain tipe 45 yang sudah biasa ada.

Dalam desain ini, hal yang berbeda adalah penataan denahnya yang memberikan alternatif untuk desain denah yang lebih efektif untuk kehidupan sehari-hari. Adapun yang dimaksud efektif di sini adalah penataan ruangnya diusahakan agar memenuhi kebutuhan beristirahat, berkumpul, serta memasak makanan.

 

Hal ini adalah aktivitas yang sangat mendasar untuk sebuah rumah. Dengan alternatif desain ini, rumah luas 45 yang biasanya hanya 2 kamar dengan satu ruang keluarga, bisa mendapatkan 1 buah dapur yang juga merupakan jalan samping rumah.

Adanya taman-taman samping yang salah satunya cukup luas juga menjadi pembeda utama dari desain tipe 45 biasanya. Itu karena dengan desain ini, kita tidak harus mengolah lagi taman agar bisa dinikmati dari ruang keluarga, tapi taman tersebut sudah menjadi bagian integral dari desain rumah.

Hal ini tentunya berbeda dari desain rumah tipe 45 kebanyakan. Dari segi tampilan desain rumah, kita juga bisa memperhatikan adanya area cuci jemur di bagian depan lahan yang dibatasi oleh dinding yang tidak terlalu tinggi.

 

Dengan begitu, aktivitas mencuci maupun mengeringkan baju bisa dilakukan tanpa terlihat dari depan jalan. Bentuk rumah yang cenderung sederhana memberikan alternatif; bahwa desain rumah di perumahan tidak harus terlihat wah di depan tapi bagian dalamnya kurang nyaman.

Karena pendekatan yang diambil di sini adalah ruang-ruang hidup yang lebih baik bagi penghuninya dan dapat memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Demikian desain yang bisa saya ketengahkan kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dalam mendesain rumah dengan luas bangunan 45 Salam dari Astudio. (Probo Hindarto) (dni)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini