nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hary Tanoe: Semua Eksportir Harus Diwajibkan Konversi Dolar Hasil Ekspor ke Rupiah

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 08:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 16 320 1937246 hary-tanoe-semua-eksportir-harus-diwajibkan-konversi-dolar-hasil-ekspor-ke-rupiah-pBdRdgBWfW.jpg Foto: Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menilai pemerintah perlu mewajibkan semua eksportir mengkonversi dolar hasil ekspor (DHE) ke dalam Rupiah sebesar persentase konten lokal produk mereka.

"Hal di atas tidak merugikan eksportir karena yang dikonversi sejumlah sama dengan kebutuhan Rupiah mereka," kata Hary di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

 

Menurut Hary Tanoe, banyak praktek saat ini DHE tetap disimpan dalam dolar dan eksportir meminjam Rupiah untuk kebutuhan pembayaran Rupiahnya.

"Kewajiban konversi DHE perlu dibuat kebijakannya, tidak akan jalan kalau hanya dalam bentuk imbauan," papar Hary Tanoe.

Seperti yang diberitakan Okezone sebelumnya, para pengusaha eksportir sepakat untuk membawa pulang 100% Dana Hasil Ekspor (DHE) ke dalam negeri. Kepastian tersebut didapat setelah pertemuan yang dilakukan pada hari ini antara pemerintah dengan pengusaha.

 Nilai Tukar Rupiah atas Dolar Amerika Serikat Sempat Tembus Rp14.545

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki pemerintah, DHE yang dibawa ke Indonesia baru sekitar 81% saja. Artinya masih ada sekitar 19% yang masih disimpan di luar negeri.

"Oke kita sepakat usahakan sampai 100% DHE dan sebetulnya beberapa pengusaha besar sudah membawa dananya 100% di kita," ujarnya dalam acara Konferensi pers di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini