nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGN Akuisisi Pertagas, Bagaimana Nasib Saka Energi?

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 27 Agustus 2018 20:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 27 320 1942224 pgn-akuisisi-pertagas-bagaimana-nasib-saka-energi-SJqzV0e4gi.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) tengah mengkaji masa depan anak usahanya PT Saka Energi Indonesia. Hal tersebut merupakan buntut dari adanya penggabungan dari PGN dengan Pertagas sebagai sub holding migas, sehingga membuat tanda tanya, apakah anak usaha yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) itu akan tetap di bawah perseroan atau justru dilepas.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda menuturkan, saat ini pihak holding tengah mendiskusikan masa depan Saka Energi. Jobi menilai, dengan adanya sub holding, kurang tepat jika Saka Energi masih menjadi anak usaha PGN.

Pengecekan Regulator System PGN di RS Azra Bogor 

"Saka hari ini masih portofolio PGN, memang kalau dilihat dalam struktur dari holding migas, dengan keberadaan Saka di PGN, apalagi kalau dengan holding migas nanti ada subholding pemasaran, petrokimia dan refinery, menjadi kurang pas jadinya kalau Saka tetap ada di tempat kami. Tapi hari ini diputuskan untuk sementara Saka masih di tempat kita," kata Jobi dalam acara Investor Summit, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (27/8/2018).

Di sisi lain, PGN tengah membutuhkan pendanaan untuk menyelesaikan transaksi akuisisi 51% saham Pertagas. Kendati memiliki kas perseroan surplus untuk mendanai akuisisi senilai USD1,2 miliar atau setara Rp16,6 triliun, akan tetapi Jobi bilang tidak akan menggunakan seluruh dana perseroan untuk akusisi.

Pengecekan Regulator System PGN di RS Azra Bogor 

Dengan demikian, dia membuka opsi adanya pelepasan Saka Energi untuk menyelesaikan akuisisi.

"Bisa (dilepas), sebenarnya dengan kemampuan kas kita sekarang kita punya kemampuan yang cukup. Tapi kan enggak bisa kalau hanya dipakai untuk itu (akuisisi Pertagas), PGN harus punya uang juga untuk mengembangkan investasi di tempat lain," kata dia.

Sebagai informasi, pada tahap pertama, PGN akan melunasi 50% dari nilai akuisisi Pertagas pada tahun ini. Sementara seluruh akuisisi ditargetkan selesai semester I 2018.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini