nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Bonus Atlet Asian Games Segera Cair, Sri Mulyani: Anggaran Sudah Siap

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 11:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 31 320 1944026 jokowi-minta-bonus-atlet-asian-games-segera-cair-sri-mulyani-anggaran-sudah-siap-seorFLYxI6.jpg Foto: Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Pada Asian Games 2018, Indonesia berhasil memperoleh 90 medali. Terdiri dari 30 emas, 23 perak, dan 37 perunggu dengan peringkat keempat klasemen.

Masing-masing atlet yang memperoleh medali tersebut pun akan mendapatkan bonus dari pemerintah, bahkan tertinggi mencapai Rp1,5 miliar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk bonus tersebut diberikan secepat mungkin.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, anggaran untuk bonus para pahlawan olahraga tersebut sudah disiapkan pihaknya.

"Presiden akan memberikan penghargaan baik yang sifatnya non material dan material. Anggarannya sudah siap," ujar dia saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (31/8/2018).

 Berkat Atlet Pencak Silat Hanifan Yudani Kusuma, Jokowi-Prabowo Saling Berpelukan

Dengan pemeberian bonus tersebut, lanjutnya, diharapkan bisa terus memicu semangat atlet Indonesia untuk terus meningkatkan prestasinya pada even-even olahraga lainnya. "Itu diharapkan bisa memicu bagi semua cabang olahraga agar bisa meningkatkan prestasinya dan bertahan untuk games yang akan datang," katanya.

Mendapatkan sebanyak 30 medali emas, menurut Bendahara Negara tersebut, para atlet sukses mengharumkan nama Indonesia dalam pertandingan internasional tersebut. Pasalnya, medali emas yang ditarget Presiden Jokowi bahkan hanya 16, atinya jauh melampaui target.

"Itu adalah pencapaian yang luar biasa dari atlet kita, semangat mereka untuk mengharumkan Indonesia di bidang olahraga, itu bagus. Kami harap momentumnya akan tetap terjaga," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi merinci bonus yang akan didapatkan para atlet tersebut. Di mana peraih medali emas perorangan mendapatkan Rp1,5 Miliar.

Kemudian peraih medali emas untuk pasangan/ganda sebesar Rp1 Miliar per orang. Sedangkan peraih medali emas beregu mendapatkan Rp750 juta per orang.

 Berkat Atlet Pencak Silat Hanifan Yudani Kusuma, Jokowi-Prabowo Saling Berpelukan

Peraih medali perak perorangan mendapatkan Rp500 juta, lalu peraih medali perak untuk ganda sebesar Rp400 juta per orang. Adapun yang meraih medali perak beregu sebesar Rp300 juta per orang.

Sementara itu, untuk peraih medali perunggu perorangan mendapatkan Rp250 juta, medali perunggu ganda Rp200 juta per orang. Kemudian peraih medali perunggu beregu mendapatkan Rp150 juta per orang.

Pemerintah juga akan memberikan bonus kepada pelatih dan asisten pelatih, di mana para pelatih perorangan/ganda mendapatkan Rp450 juta untuk medali emas, Rp150 juta untuk medali perak, dan Rp75 juta untuk medali perunggu.

Sedangkan, para pelatih beregu mendapatkan Rp600 juta untuk medali emas, Rp200 juta untuk medali perak, Rp100 juta untuk medali perunggu.

Setiap medali kedua dan seterusnya, para pelatih mendapatkan Rp225 juta untuk medali emas, Rp75 juta untuk medali perak, dan Rp37,5 juta untuk medali perunggu.

 Berkat Atlet Pencak Silat Hanifan Yudani Kusuma, Jokowi-Prabowo Saling Berpelukan

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini