Saran Jack Ma untuk E-Commerce RI: UMKM Harus Melek Teknologi

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 02 September 2018 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 02 320 1944931 saran-jack-ma-untuk-e-commerce-ri-umkm-harus-melek-teknologi-xpvFAsTBxT.jpeg Bos Alibaba Group (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Bos Alibaba Grup Jack Ma bertemu dengan sejumlah Menteri Kabinet Kerja di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Adapun sejumlah Menteri yang datang antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto hingga Menteri Komunikasi dan Informatikan Rudiantara.

Selain itu trerlihat juga Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. Hadir juga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, serta Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pertemuan tersebut membahas banyak hal. Utamanya adalah untuk perbaikan industri e-commerce di Indonesia.

Darmin meyakini dengan adanya pertemuan ini, bisa meningkatkan bisnis e-commerce Indonesia ke depannya. Apalagi kedepannya model bisnis aakan bergeser keara small bisnis yang memungkinkan pelaku UMKM bisa masuk dan mengembangkan bisnisnnya dengan internet maupun e-commerce.

"Oleh karena itu, kita disarankan mempersiapkan betul menencourage atau mendorong usaha kecil mulai masuk ke internet dan sebagainya. Sehingga, menurut Jack Ma itu yang cocok di daerah Timur, kita tidak punya perusahaan besar di daerah tersebut,"ujarnya saat ditemui di Hotel Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, Minggu (2/9/2018)

Sementara itu, Bos Alibaba Jack Ma menjelaskan, UMKM masuk ke internet itu suatu langkah tepat untuk meningkatkan teknologi finansial. Utamannya dalam menyongsong industri 4,0 di masa depan.

"Jadi, semua negara menghadapi tantangan. Yang terpenting adalah memulainya sekarang. Dan bergerak ke depan," pungkasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini