Sri Mulyani Sebut Aturan Pajak Impor 900 Komoditas Siap Diterbitkan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 04 September 2018 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 04 320 1945694 sri-mulyani-sebut-aturan-pajak-impor-900-komoditas-siap-dirterbitkan-FbuVDK4A7L.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah selesai mengatur penyesuaian tarif pajak penghasilan (PPh) impor untuk 900 komoditas impor. Aturan itu segera diterbitkan lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

"Sudah, nanti kita umumkan PMK-nya besok sore, atau Kamis," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Sri Mulyani belum mau mendetailkan soal aturan tersebut. Dia pun enggan menjawab saat ditanya soal kapan mulai berlakunya aturan tersebut.

Menkeu Sri Mulyani: Dengan UU PNBP Pemerintah Bisa Pangkas 70.000 Tarif Kementerian atau Lembaga

"Nanti saya ada DPR, PMK-nya nanti kita umumkan segera," ucap mantan Direktur Bank Dunia itu.

Pemerintah melakukan penyesuaian tarif PPh itu sebagai upaya dari penguatan neraca pembayaran dan menjaga neraca transaksi berjalan di tengah pergerakan nilai tukar yang melemah.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara menjelaskan pihaknya mengevaluasi terkait apakah barang-barang yang selama ini diimpor tersebut telah diproduksi di dalam negeri atau tidak.

Menkeu Sri Mulyani: Dengan UU PNBP Pemerintah Bisa Pangkas 70.000 Tarif Kementerian atau Lembaga

"Kita cocokkan ada enggak sebenarnya produksi dalam negerinya. Benar enggak dari data bea cukai benar-benar masuk," kata Suahasil di Jakarta, Jumat, 24 Agustus 2018.

Jika terbukti diproduksi di dalam negeri, pemerintah menaikkan tarif impornya dari yang diberlakukan saat ini yaitu 2,5%, lima persen, 7,5% hingga 10%.

(Feb)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini