nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan PGN Pilih Gigih Prakoso sebagai Dirut

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 10 September 2018 14:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 10 278 1948523 alasan-pgn-pilih-gigih-prakoso-sebagai-dirut-qFe7M6MSkb.jpeg RUPS-LB PGN (Foto: Ulfa/Okezone)

JAKARTA - Pemegang saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menunjuk Gigih Prakoso sebagai Direktur Utama PGN. Gigih menggantikan Direktur Utama PGN sebelumnya, Jobi Triananda. Keputusan tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB).

Direktur Infrastruktur dan Teknologi Dilo Seno Widagdo mengatakan, Gigih Prakoso bukan sosok baru dalam bisnis PGN.

"Pak Gigih bagian dari Starring Committe pada saat melaksanakan integrasi, PGN Pertamina dan Pertagas. Jadi bukan hal baru bagi Pak Gigih, dia juga sudah tahu diskusi kita di pokja infra, visi misi dan komunikasi, dan kita punya komitmen untuk kita jalankan," kata Dilo usai RUPS-LB di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Pengecekan Regulator System PGN di RS Azra Bogor 

Dalam kesempatan yang sama, Komisaris Utama PGN IGN Wiratmaja Puja memaparkan, keputusan penunjukan Dirut baru merupakan keputusan dari pemegang saham seri A atau saham dwiwarna yaitu Pemerintah dalam hal ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Sesuai peraturan berlaku, adalah kewenangan dari pemegang saham dwiwarna atau seri A. Memang keputusan pemegang saham seri A. Pertimbangannya nanti tanya ke pemegang saham seri A," kata dia.

Sebagai informasi, PGN telah resmi mengambil alih 51% saham Pertagas dengan nilai akuisisi sebesar USD1,2 miliar atau setara Rp16,6 triliun. Transaksi tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat atau conditional sales purchasing agreement (CSPA) pada Jumat 29 Juni 2018 antara PGN dengan PT Pertamina (Persero) sebagai pemilik 49% saham Pertagas

 Pengecekan Regulator System PGN di RS Azra Bogor

Mengutip dari laman resmi PT Pertamina (Persero), Gigih Prakoso menyandang gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Gajah Mada dan University of Kentucky, USA ini pernah menjabat sebagai Director Strategy and Business Development PT Perusahaan Gas Negara, dan Komisaris PT Pertamina Patra Niaga. Sebelum menjadi Direktur PIMR PT Pertamina (Persero), Gigih Prakoso telah menduduki jabatan di Pertamina yang relevan dengan tanggung jawab yang diemban saat ini, yakni Senior Vice President Corporate Strategic Growth.

Dengan demikian, maka susunan Komisaris dan Direksi PGN adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: IGN Wiratmaja Puja

Komisaris: Mohamad Ikhsan

Komisaris: Hambra

Komisaris Independen: Kiswodarmawan

Komisaris Independen: Paiman Raharjo

Dewan Direksi

Direktur Utama: Gigih Prakoso

Direktur Komersial: Danny Praditya

Direktur SDM dan Umum: Desima Equalita Siahaan

Direktur Infrastruktur dan Teknologi: Dilo Seno Widagdo

Direktur Keuangan: Said Reza Pahlevi

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini