nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Perbaikan Lombok, Toko Material Dibuka di 5 Kecamatan

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 10 September 2018 13:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 10 470 1948513 percepat-perbaikan-lombok-toko-material-dibuka-di-5-kecamatan-ly5Hk3DnMd.jpg Gempa Lombok (Foto: BNPB)

JAKARTA- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya telah memberikan tugas kepada Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk membuka toko-toko material konstruksi. Hal tersebut dalam rangka perbaikan bangunan akibat gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kita serahkan pada Kadin untuk membuka depo bahan material. Dan sudah ada 8.000 material konstruksi untuk perbaikan bangunan, di lima Kecamatan, seperti di Pemenang, Tanjung, Kayangan, Bayan dan Gangga," ujar Basuki dalam rapat konsultasi tindak lanjut penanganan gempa bumi Nusa Tenggara Barat (NTB), di Gedung Nusantara II, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senin (10/9/2018).

Untuk air baku, lanjut dia, pihaknya memanfaatkan sumur air tanah di kawasan Lombok dan Sumbawa, di mana sudah ada 884 sumur. Kemudian ada yang membuat sumur baru, sanitasi juga sudah disampaikan.

"Kemudian untuk jalan dan jembatan yang sebagian sudah mulai diperbaiki. Untuk mobilisasi personel, kami bentuk tim masing-masing berisi sembilan orang terdiri dari Balitbang, fasilitator, relawan dan TNI, untuk bisa mendampingin masyarakat untuk bangun rumah. Ada 40 senior Kementerian PUPR," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah bersama sejumlah Kementerian dalam kabinet kerja menggelar rapat konsultasi untuk mendengar laporan penanganan bencana gemba bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat di Ruang Pansus C, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Saat membuka rapat, Fahri menyatakan rapat koordinasi ini untuk bertukar pikiran terkait penanganan korban gempa di Lombok. "Rapat koordinasi ini adalah dalam rangka bertukar pikiran dan diselenggarakan secara terbuka," ungkap Fahri.

(Feb)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini