nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stok Melimpah, Mentan: Tidak Ada Alasan Harga Beras Naik Lagi

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 15:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 14 320 1950501 stok-melimpah-mentan-tidak-ada-alasan-harga-beras-naik-lagi-xARfHbkf6Q.jpg Ilustrasi Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Direktur Utama (Dirut) Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

Terlihat dalam sidak itu, Menteri Arman bersama Dirut Bulog Budi Waseso melihat-lihat toko beras dan menanyakan terkait soal harga beras saat ini ke penjual.

Menteri Arman mengatakan, stok beras saat ini masih sangat banyak dan terkendali. Di mana harga beras di sini terendah untuk pedagang sebesar Rp8.200 per kilogram atau sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras.

22.500 Ton Beras Impor Asal Vietnam Tiba di Pelabuhan Indah Kiat Merak

"Jadi, tidak ada alasan harga naik khususnya beras. Kenapa dulu harga naik, karena alasannya stok kurang," kata Amran dilokasi, Jumat (14/9/2018).

Sementara itu, Dirut Bulog Budi Waseso menyatakan, pihaknya saat ini maksimal menjual beras Rp8.750 per kilogram kepada pembeli. Namun dengan adanya sidak ini, pihaknya akan ambil satu langkah.

"Langkah itu, yakni harga beras dari kami (Bulog) kepada pengecer akan kami turunkan, menjadi Rp 8.250 per kilogram," jelasnya.

19.900 Ton Beras Impor Asal Vietnam Tiba di Cilegon Banten

Untuk itu, lanjut dia, nantinya sampai ketingkat pembeli Rp8.500 per kilogram. Di mana ini merupakan harapan Bulog, Kementan dan seluruh pengecer seluruh Indonesia.

"Kita yang drop supaya hemat biaya berapapun kita berikan, karena kita diwajibkan supply-nya kelapangan 15 ribu ton," ungkapnya.

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini