nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SKK Migas: Semburan Lumpur Blok Migas Sakakemang Sudah Diatasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 22:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 14 320 1950751 skk-migas-semburan-lumpur-blok-migas-sakakemang-sudah-diatasi-CKr3Tzo13m.jpeg SKK Migas. Foto: Taufik/Okezone

JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), memberikan penjelasan terkait adanya semburan lumpur di Sumur KBD-2x Sakakemang Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, saat pengeboran berlangsung pada 13 September 2018.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan, pada 13 September 2018, pukul 10.00 WIB, telah terjadi semburan lumpur hingga sampai lantai pengeboran. Di mana semburan lumpur tersebut diperkirakan berasal dari kedalaman 1,9 kilo meter.

lumpur

"Semburan lumpur itu, hanya lima detik dan bisa dikendalikan pada saat itu juga dengan menutup peralatan pengendali sembur liar yang terpasang di anjungan pengeboran," kata Wisnu di kantor SKK Migas, Jumat (14/9/2018).

Dia menjelaskan, dengan kejadian itu, SKK Migas langsung menerapkan prosedur keselamatan kerja dalam operasi migas, di mana kondisi sumur saat ini sudah dapat dikatakan aman terkendali.

"Jadi, semburan lumpur sudah kita atasi dan tidak seperti semburan lumpur di Lapindo," jelasnya.

lumpur

Dia menuturkan, secara teknis pengeboran sumur eksplorasi migas, di mana terjadinya semburan lumpur dari lubang sumur menuju permukaan merupakan hal yang lazim terjadi pada kegiatan pengeboran sumur eksplorasi Migas.

"Hal ini telah diantisipasi dalam perencanaan sumur eksplorasi yang dilakukan SKK Migas bersama Talisman dan ini juga hal yang lazim apabila terdapat indikasi adanya potensi reservoar migas yang baik pada daerah ini," pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini