nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani: Saya Senang Main di Pinggir Sungai dan Naik Pohon Mangga

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 14:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 16 20 1951147 sri-mulyani-saya-senang-main-di-pinggir-sungai-dan-naik-pohon-mangga-YGJWc9rZeH.png Foto: Sri Mulyani (Instagram)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani bercerita masa kecilnya. Tak disangka, Sri Mulyani kecil senang main di pinggir sungai dan naik pohon mangga.

Hal tersebut diceritakan Sri Mulyani saat bertemu dengan para dengan 20 siswa Finalis Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2018 di Ruang Holding Lantai Mezanine Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan hari Jumat 14 September 2018.

Cerita ini pun di-posting Sri Mulyani dalam akun instagram pribadinya @smindrawati. Berikut cerita masa kecil Sri Mulyani hingga harapannya kepada murid yang mengikuti lomba sains yang dikutip Okezone, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

 

Saat kecil saya senang main di pinggir sungai dan naik pohon mangga dekat rumah di Semarang. Pada saat yang sama juga suka berimajinasi dengan menulis.

 

Waktu menjadi dosen dan peneliti, penelitian pertama yang saya lakukan adalah tentang apakah masyarakat Indonesia bersedia pindah dari rumah tapak ke rumah susun. Penelitian sekitar 25 tahun yang lalu ini digunakan sebagai bahan masukan bagaimana mengatur tempat tinggal bagi penduduk di perkotaan.

 

Para finalis lomba karya sains untuk siswa Sekolah Dasar seluruh Indonesia ini merupakan hasil seleksi dari 1.306 karya sains yang berasal dari 26 propinsi di Indonesia. Karya sains yang dinilai adalah karya di bidang IPA terpadu, teknologi terapan dan matematika yang berbentuk karya sains atau eksperimen sains.

 

Dalam kesempatan tersebut, diperagakan kepada saya empat karya siswa yaitu: Urine Smart Protector karya Matahari Terbit, Tooth Brush Dry karya Alya Kusumah Nurjannah, KIBAS (Kurangi Beban Tas) karya Anak Agung I Yuri Pratista S dan APPLE (Alat Pencuci Piring Portable) karya Dian Isma Khairani.

 

Kepada Yuri yang membuat alat pengurang beban tas, saya meminta agar tas ransel pengurang beban juga bisa dibuatkan untuk saya, karena sebagai Menteri Keuangan saya membawa uang yang jumlahnya triliunan.

 

Sharing Session ini juga dihadiri oleh Irawati Setiady selaku Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk dan Toriq Hadad selaku Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk sebagai penyelenggara KJSA 2018 yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan motivasi bagi anak-anak Finalis KJSA untuk terus berprestasi.

 

Saya senang sekali karena Indonesia punya anak-anak pintar seperti ini dan kepada bapak ibu guru yang menyertai mereka, saya ucapkan selamat atas prestasi yang luar biasa.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini