Share

Andalkan STAN, Jumlah Formasi CPNS Kemenkeu Berkurang

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 19 320 1952820 andalkan-stan-jumlah-formasi-cpns-kemenkeu-berkurang-QbphKCHfXG.jpg Kampus STAN (Foto: Wahyu Zulianto)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendapatkan jatah formasi sebesar 597 pada seleksi CPNS 2018. Jumlah tersebut relatif lebih kecil dibandingkan formasi yang dibuka pada tahun 2017 yang mencapai 2.880.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, alasan mengapa formasi Kemenkeu pada tahun ini menurun adalah karena kebutuhannya yang mulai berkurang. Sebab, menurutnya kebutuhan pegawai di Kementerian Keuangan sudah dipenuhi dari Sekolah Kedinasan yang dimiliki Kemenkeu seperti Politeknik STAN.

"Karena kebutuhannya segitu. Mereka sebelumnya udah buka-buka pendaftaran sendiri lewat sekolah kedinasan," ujarnya saat ditemui Okezone di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Keuangan Humaniati mengatakan, pada tahun ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendapatkan jatah formasi sebesar 597 pada seleksi CPNS 2018. Jumlah tersebut memang lebih kecil dibandingkan formasi yang dibuka pada tahun 2017 yang mencapai 2.880 formasi.

"Total formasi untuk CPNS dari rekrutmen umum adalah 597," ucapnya.

Menurut Humaniati, formasi yang dibuka pada CPNS 2018 ini karena kebutuhan pegawainya juga menurun. Sebab pada tahun lalu, pihaknya sudah membuka begitu banyak formasi.

"Kenapa turun? (karena) kebutuhannya memang sejumlah itu," ucapnya.

Humaniati menambhakan, mulai hari ini masyarakat sudah bisa melihat seluruh persyaratan di website resmi Kementerian Keuangan. Selain itu, masyarakat juga bisa melihat melalui portal resmi SSCN.

"Hari ini mulai diumumkan. Lengkapnya ada di pengumuman yang akan ditayangkan hari ini mas," ucapnya.

 

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini