Bank Dunia Sebut Ekonomi Indonesia Lebih Kuat

Rafida Ulfa, Jurnalis · Kamis 20 September 2018 18:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 20 20 1953329 bank-dunia-sebut-ekonomi-indonesia-lebih-kuat-Ym4foM8NCX.jpeg Laporan Bank Dunia (Foto: Rafida/Okezone)

JAKARTA - Bank Dunia menyebut kondisi ekonomi Indonesia tahun ini lebih kuat. Meskipun saat ini ekonomi dunia penuh ketidakpastian dan membuat ketahanan beberapa negara berkembang goyah.

"Indonesia berada di posisi yang lebih kuat. Sekarang Indonesia memiliki fundamental ekonomi yang lebih kuat tahun ini," kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Rodrigo A Chaves di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

grafik

Porfofolio dari pasar di negara berkembang termasuk Indonesia banyak keluar akibat gejolak ekonomi dunia. Sebagaimana diketahui, ekonomi dunia goyah akibat perang dagang di tengah normalisasi kebijakan bank sentral AS The Fed.

Sementara itu, Lead Country Economist Bank Dunia Frederico Gil Sander menuturkan, walaupun pertumbuhan ekonomi masih menghadapi risiko penurunan, ekonomi Indonesia masih jauh dari krisis dengan adanya komitmen pemerintah menjaga stabilitas.

grafik

"Risiko yang terkait dengan krisis keuangan di Indonesia tetap kecil karena koordinasi kebijakan yang kuat dan fundamental ekonomi yang juga lebih kuat, terutama jika dibandingkan dengan Krisis Keuangan Asia 1998," ujar Sander.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini