nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Tak Perlu Impor Beras hingga Pelamar CPNS Harus Foto Selfie

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 22 September 2018 09:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 21 320 1953678 ri-tak-perlu-impor-beras-hingga-pelamar-cpns-harus-foto-selfie-W7M62iP5sC.jpg Ilustrasi Pedagang Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso menegaskan, sampai saat stok beras di Bulog mencapai 2,3 juta ton.

Sementara itu, Pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ada beberapa hal menarik. Salah satunya peserta diwajibkan untuk meng-upload foto selfie ketika mendaftar.

Di sisi lain, Sri Lanka telah menggunakan dana segar untuk membangun kota metropolis baru yang dinamai Port City senilai USD1,4 miliar atau Rp20,7 triliun (Rp14.800 per USD).

Ketiga berita tersebut merupakan berita-berita populer selama akhir pekan kemarin di kanal Okezone Finance. Berikut berita selengkapnya:

RI Tak Perlu Impor Beras, Buwas: Perkiraan Saya Bisa Ekspor

Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso menegaskan, sampai saat stok beras di Bulog mencapai 2,3 juta ton.

Dengan demikian, Buwas sapaan akrabnya mengatakan, pemerintah tidak perlu impor beras. Penegasan ini sekaligus mematahkan pandangan putusan rapat koordinasi (rakor) yang memutuskan pemerintah impor beras sebanyak 2 juta ton yang dibagi tiga tahap.

22.500 Ton Beras Impor Asal Vietnam Tiba di Pelabuhan Indah Kiat Merak

"Perhitungan kita sampai akhir tahun ini kita tak perlu impor. Dan sampai akhir tahun perkiraan saya malah bisa ekspor," tegas Buwas di Jakarta, Jumat 14 September 2018.

Dia menuturkan, produksi besar dari Bulog ini masih luar biasa. Maka itu, tidak perlu impor di tengah pelemahan Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, yang malah membebankan negara.

"Penting saya harus siapkan gudang tambahan kalau tiap harinya tak sampai 15.000 ton penyalurannya," ungkapnya.

Perum Bulog Targetkan 1 Juta Ton Beras untuk Bulan Juli-September

Menurut Buwas, cadangan beras bisa bertambah karena panen padi oleh petani masih berlangsung, "Jadi, hingga saat ini, stok gudang Bulog penuh dengan beras produksi nasional 2,3 juta ton beras petani indonesia bahkan di bulan September 2018 ini, kami (Bulog), harus menyewa gudang untuk menampung 500.000 ton, beras serapan bulog," kata Buwas.

Stok Beras Bulog Aman selama Ramadan-Lebaran 2018

(Feb)

Pelamar CPNS Harus Foto Selfie, Ini Penjelasan BKN

Ketika ditanya alasan harus meng-upload foto selfie, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, mekanisme ini untuk menjaga agar proses seleksi CPNS 2018 terhindar dari kecurangan. Utamanya ketika proses seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang (SKD dan SKB).

"Untuk validasi. Jadi makannya diambil foto selfie yang ada orangnya, KTP nya, sama akun SSCN nya," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Menurut Ridwan, pada SKD dan SKB CPNS tahun lalu, masih banyak ditemukan penggunaan joki. Sehingga dengan cara seperti ini peserta tidak memiliki celah untuk berbuat curang.

"Mekanisme selfie itu tujuannya untuk membuktikan bahwa yang bersangkutan itu lah yang melakukan pendaftaran," jelasnya.

Selain itu, ada persyaratan foto selfie ini juga bertujuan untuk mempermudah pelamar yang kelupaan password ketika SKD dan SKB. Sebab ada beberapa kasus yang kelupaan pasword pada seleksi CPNS 2018 lalu.

"Karena banyak sekali tahun lalu itu teman-teman lupa password ya. Ketika ditanya buktinya tidak bisa menjawab," ucapannya.

Lagi pula lanjut Ridwan, mekanisme tersebut sudah mulai di ujicoba oleh BKN. Penggunaan mekanisme tersebut sudah digunakan pada seleksi sekolah kedinasan seperti Politeknik STAN, STIE hingga STIP.

"Ini sudah mulai kita lakukan waktu awal tahun ketika seleksi sekolah tinggi kedinasan menggunakan SSCN," ucapnya.

(Feb)

Saingi Dubai, Sri Lanka Bangun Kota Metropolis Rp220 Triliun

Sri Lanka telah menggunakan dana segar untuk membangun kota metropolis baru yang dinamai Port City senilai USD1,4 miliar atau Rp20,7 triliun (Rp14.800 per USD).

Luas Port City ini mencapai 665 hektare, proyek ini hampir sama dengan London, tetapi desainnya mirip dengan kota-kota seperti Hong Kong, Singapura, dan Dubai.

Dilansir oleh Okezone dari Business Insider, Rabu (19/9/2018), satu dekade yang lalu, gagasan tentang kota Sri Lanka yang menyaingi pusat keuangan terkemuka di dunia tampaknya tidak masuk akal.

Dari tahun 1983 hingga 2009, negara dilanda perang saudara yang brutal antara militer dan kelompok pemberontak yang disebut Tamil Tigers. Pada akhir konflik, ratusan ribu warga sipil telah terbunuh dan kota telah menghabiskan lebih dari hampir Rp3.000 triliun untuk biaya perang.

Kurang dari 10 tahun kemudian, negara telah menyusun rencana untuk membawa pekerjaan dan peluang ekonomi ke ibu kotanya, Kolombo.

Kota terpadat di Sri Lanka, Kolombo memiliki sekitar 750.000 penduduk di pusat kota. Melalui pengembangan metropolis baru di dalam ibu kota, para pejabat memperkirakan bahwa Kolombo akhirnya bisa melipatgandakan ukurannya.

Meskipun konsep Port City dimulai 2004 tapi tertunda karena perang, Sri Lanka melanjutkan dengan melihat masuknya investasi China, yang negara itu lakukan untuk perbaikan infrastruktur besar.

Kemitraan ini mengalami masalah ketika Sri Lanka mengalami kesulitan membayar utangnya. Sementara itu China dituduh menggunakan investasinya untuk menggunakan pengaruh politik.

Pada tahun 2014, Perdana Menteri Ranil Wickramasinghe menghentikan proyek Port City karena kekhawatirannya tentang kerusakan pada garis pantai. Hal ini membuat marah investor proyek, China Communications Construction Company yang mengklaim kehilangan Rp5,6 miliar per harinya, sementara perkembangannya dalam keadaan limbo.

Pada 2016, rencana itu kembali bergerak dengan satu set perlindungan lingkungan baru.

Menurut pengembang situs, China Harbour Engineering Company, proyek ini masih dalam tahap untuk menyelesaikan upaya reklamasi dan tahap pertama infrastruktur pada tahun 2020.

(Feb)

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini