nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos Bulog Tegaskan Indonesia Tak Usah Impor Beras

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 24 September 2018 15:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 24 320 1954862 bos-bulog-tegaskan-indonesia-tak-usah-impor-beras-hr5Ha7zxzf.jpg Diskusi Kadin soal Ketahanan Pangan di Tahun Politik (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA- Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso mengatakan, di tahun politik atau 2019, Indonesia tidak perlu impor beras. Hal ini dia tegaskan saat duduk bareng bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

"Saya hanya pelaksana, kalau disuruh impor ya saya impor. Tapi kan saya berikan masukan kalau kondisinya seperti ini loh. Dan untuk neraca beras itu, data sudah kami satukan dari Kementan, BPS, agar neraca beras pasti," kata Buwas di Menara Kadin, Jakarta, Senin (24/9/2018).

22.500 Ton Beras Impor Asal Vietnam Tiba di Pelabuhan Indah Kiat Merak

Terkait penyerapan beras oleh Bulog saat ini. Dia menjelaskan bahwa pihaknya sedang berusaha menyerap sebanyak mungkin produksi dalam negeri untuk cadangan beras pemerintah.

"Berapa banyaknya? Sebanyak-banyaknya bagi saya, tapi juga disesuaikan dengan keuangan yang tersedia. Tapi sebenarnya kami sudah lebihi batas yang ada sebanyak 1-1,5 juta ton. Hari ini, kami sudah 2,7 juta ton. Belum lagi nanti tambah terus, jadi cukup," jelasnya.

Perum Bulog Targetkan 1 Juta Ton Beras untuk Bulan Juli-September

Dia menuturkan, bahwa Bulog tidak perlu menambah anggaran terkait beras sejahtera (rastra) dan Program Keluarga Harapan (PKH), karena masih bisa pinjam uang dari bank BUMN, itu tidak masalah.

"Tapi memang kami tidak boleh berlama-lama karena konsekuensinya ketika beras tidak bisa diserap dan digunakan, maka nilainya dan kualitasnya akan habis," ungkapnya.

Perum Bulog Pastikan Stok Beras Bulan Ramadan Aman

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini