nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai Hari Ini, Baru 224 Instansi yang Buka Pendaftaran CPNS

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 14:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 26 320 1955821 mulai-hari-ini-baru-224-instansi-yang-buka-pendaftaran-cpns-fR8t7yjRIp.jpg Foto: BKN (Giri/Okezone)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah bisa dilakukan pada hari ini. Namun belum semuanya instansi yang terdaftar dan tercatat di portal SSCN.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, baru sekitar 224 instansi yang membuka pendaftaran per hari ini. Adapun rinciannya adalah 185 Pemerintah Daerah dan 39 Kementerian/Lembaga pusat.

"Berikut sesaui data back office SSCN instansi yang sudah go live bisa dipilih teman-teman hingga pukul 12.40 WIB ada 224 instansi yang terdiri dari 185 Pemerintah Daerah, dan 3 Kementerian Lembaga jadi totalnya 224," ujarnya dalam acara konfrensi pers di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

 Baca Juga: Resmi, Pendaftaran CPNS 2018 Dimulai Pukul 00.01 WIB

Tentunya angka tersebut masih jauh dari total instansi yang membuka lowongan dalam CPNS tahun ini. Sebab seharusnya, ada 76 Kementerian dan Lembaga serta 525 Pemerintah Daerah yang membuka lowongan serentak mulai hari ini.

"Artinya baru sekitar 30% instansi yang buka lowongan sudah bisa dibuka," ucapnya.

 

Meskipun begitu lanjut Ridwan, pihaknya akan mengupayakan agar secepatnya seluruh instansi bisa membuka pendaftarannya lewat website SSCN. Pihaknya menargetkan dalam satu dua hari kedepan seluruh instansi sudah bisa go live di portal SSCN.

"Mudah-mudahan dalam 1-2 hari sisa 69% bisa segera gabung dengan instansi yang sudah go live," ucapnya.

 Baca juga: Mau Jadi CPNS Kementerian Perdagangan? Ada Syarat 10 Tahun Tak Boleh Pindah

Oleh karena itu, Ridwan meminta kepada masyarakat untuk bersabar. Khususnya bagi masyarakat yang ingin mendaftar namun pilihannya belum ada di portal SSCN.

"Untuk yang sudah nambatkan hati tapi belum ada pilihannya ditunggu aja paling 1-2 hari. Temen-temen sangat intens komunikasinya," tegasnya.

Sebagai informasi sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan akan tetap membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan berlangsung esok hari dimulai pukul 00.01 WIB. Pendaftaran seluruhnya dilakukan melalui portal SSCN.

 

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, meskipun belum semuanya meng-upload tetapi pendaftaran sudah mulai bisa dilakukan pada pukul 00.01 WIB. Namun berdasarkan hasil rapat, pendaftaran hanya bisa dilakukan kepada instansi yang sudah mengupload Persyaratan dan formasinya di website SSCN.

"Sementara keputusannya begitu (hanya instansi yang sudah terdaftar di portal SSCN saja yang pendaftarannya sudah dibuka)," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa malam.

Namun lanjut Bima, masyarakat harus terlebih ih dahulu mendaftarkan dirinya terlebih dahulu di portal SSCN. Registrasi akun sendiri sudah bisa dilakukan mulai pukul 00.01 WIB.

"Insya Allah, paling tidak sudah bisa bikin akun peserta," ucapnya.

 

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini