Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka Hari Ini hingga 10 Oktober 2018

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 26 320 1955838 pendaftaran-cpns-2018-dibuka-hari-ini-hingga-10-oktober-2018-NJePYomwOy.jpg Foto: Tes CPNS dan Nilai Kelulusan (Dok Kemenpan-RB)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah bisa dilakukan pada hari ini. Namun baru sekitar 224 instansi yang bisa diakses oleh pelamar per hari ini, dengan rincian 185 Pemerintah Daerah dan 39 Kementerian/Lembaga pusat.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, ada beberapa alasan mengapa baru 30% instansi yang membuka pendaftaran pada hari ini salah satunya adalah mengenai kebijakan penetapan dari masing-masing instansi itu sendiri.

Menurut Ridwan, banyak instansi yang sengaja men-setting tanggal pendaftarannya hari ini. Dan menurutnya hal itu merupakan sesuatu hal yang wajar dan bisa dimaklumi.

"Kami BKN memang memberi keleluasaan kepada instansi untuk men-setting mulai dari persyaratan (hingga pendaftarannya)," ujarnya dalam acara konfrensi pers di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

 Baca Juga: Mulai Hari Ini, Baru 224 Instansi yang Buka Pendaftaran CPNS

Lagi pula lanjut Ridwan BKN memang sengaja memberikan tenggat waktu pendaftaran yang cukup lama. BKN sendiri memberikan waktu bagi instansi untuk membuka pendaftaran dari mulai tanggal 26 September 2018 hingga 10 Oktober 2018.

"Time frame secepatnya 26 September selambatnya 10 Oktober 2018," ucapnya.

 

Selain itu lanjut Ridwan, ada pula instansi yang justru melakukan revisi mengenai persyaratan dan juga formasinya menyusul dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Masing-masing instani terhadap formasi ada beberapa yang masih meminta perbaikan," ucapnya.

Meskipun begitu lanjut Ridwan, pihaknya akan mengupayakan agar secepatnya seluruh instansi bisa membuka pendaftarannya lewat website SSCN. Pihaknya menargetkan dalam satu dua hari kedepan seluruh instansi sudah bisa go live di portal SSCN.

"Mudah-mudahan dalam 1-2 hari sisa 69% bisa segera gabung dengan instansi yang sudah go live," ucapnya.

Baca Juga: Resmi, Pendaftaran CPNS 2018 Dimulai Pukul 00.01 WIB

Oleh karena itu, Ridwan meminta kepada masyarakat untuk bersabar. Khususnya bagi masyarakat yang ingin mendaftar namun pilihannya belum ada di portal SSCN.

"Untuk yang sudah nambatkan hati tapi belum ada pilihannya ditunggu aja paling 1-2 hari. Temen-temen sangat intens komunikasinya," tegasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini