nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Krisis Ekonomi, IMF Siap Gelontorkan Rp851 Triliun untuk Argentina

Agregasi Kamis 27 September 2018 11:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 27 20 1956238 krisis-ekonomi-imf-siap-gelontorkan-rp851-triliun-untuk-argentina-zEYKVrVmoU.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) telah sepakat untuk menggelontorkan dana talangan ke Argentina sebesar USD57,1 miliar atau Rp851 triliun.

Dana talangan tersebut sejatinya lebih besar dari USD50 miliar (Rp745 triliun) yang semula diumumkan.

Langkah itu ditempuh seiring dengan defisit anggaran dan nilai mata uang peso yang menukik. Musim kemarau juga telah mencederai ekspor sektor pertanian.

 Baca Juga: Alami Krisis, Argentina Dapat Lebih Banyak Dana Talangan IMF

Situasi ini menyebabkan para investor menarik uang mereka sehingga pemerintah dan perusahaan-perusahaan lokal harus menanggung utang dalam dolar AS.

 

Presiden Mauricio Macri kemudian meminta IMF mempercepat penggelontoran dana talangan yang rencananya bakal dipakai untuk menopang anggaran.

Di sisi lain, pemerintah Argentina menyatakan bakal memangkas pengeluaran dan mewujudkan anggaran yang seimbang pada 2019—setahun lebih dini dari yang semula direncanakan.

Christine Lagarde selaku direktur pelaksana IMF menyebutkan bahwa dirinya meyakini salah satu paket dana talangan terbesar dalam sejarah IMF itu akan membantu memulihkan kepercayaan pasar di Argentina sekaligus menolong kelompok masyarakat yang "paling rentan".

 Baca: Krisis Argentina Hambat Aliran Modal ke Indonesia

Bagaimanapun, Lagarde menekankan pentingnya persetujuan Kongres Argentina untuk anggaran 2019. Dana talangan juga perlu persetujuan dari dewan eksekutif IMF.

"Pekerjaan besar harus dilakukan jika Argentina hendak merespons kondisi saat ini yang menantang secara efektif. Upaya ini barulah awalan. IMF berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah Argentina dalam upaya mereka," kata Lagarde dalam jumpa pers di New York.

Rencana penggelontoran dana talangan IMF ini ditanggapi rangkaian demonstrasi dan pemogokan oleh sebagian masyarakat Argentina, yang masih terkenang langkah pengencangan ikat pinggang di masa lalu akibat dana IMF.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini