nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resign-lah Baik-Baik, Ini 10 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Rafida Ulfa, Jurnalis · Minggu 30 September 2018 21:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 30 320 1957708 resign-lah-baik-baik-ini-10-tips-menjaga-hubungan-baik-dengan-rekan-kerja-okeaB3kpqy.jpg Ilustrasi Resign (Foto: Corbis)

JAKARTA – Meninggalkan pekerjaan dengan alasan apapun pasti akan sulit, karena meninggalkan kenangan. Pasalnya, ketika keluar kerja, Anda akan meninggalkan hubungan baik dengan rekan yang akan menjadi mantan bos dan teman sekantor.

Dilansir Okezone dari Business Insider, Minggu  (30/9/2018), berikut ini adalah beberapa tips untuk meninggalkan pekerjaan tanpa merusak hubungan kantor.

1. Pastikan beri tahu atasan terlebih dahulu sebelum memberi tahu pada teman sekantor

Ketika Anda memutuskan untuk pergi, mungkin Anda akan sangat tergoda untuk memberi tahu teman sekantor terlebih dahulu. Namun, sangat penting untuk memberi tahu atasan Anda terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Paling Populer dan Banyak Dicari

“Beri tahu atasan Anda secepatnya setelah membuat keputusan untuk pergi. Terlepas dari hubungan saat ini, penting bagi bos Anda untuk mempunya waktu dalam mencerna berita tersebut, dan Anda punya waktu untuk menyelesaikan pekerjaan," ujar pelatih yang terpercaya dan fasilitator workshop Molly Hetrick.

2. Berikan banyak pemberitahuan

Kemungkinan besar, Anda sudah tahu berapa banyak pemberitahuan yang biasanya harus diberikan kepada atasan sebelum meninggalkan pekerjaan Anda saat ini. Jika Anda berpindah dari satu posisi ke posisi lain, dua minggu adalah pemberitahuan yang cukup untuk memberi tahu bos dan rekan kerja.

Baca Juga: 5 'Taktik' Perusahaan Tentukan Gaji hingga Bonus, Karyawan Perlu Tahu Nomor 4

3. Pastikan rekan kerja yang ingin untuk tetap berhubungan memiliki jalan untuk menghubungi Anda

“Beri mereka informasi kontak baru Anda, hubungkan mereka di LinkedIn atau apapun agar mereka tetap menghubungi meskipun Anda sudah ada di posisi baru,” ujar pemilik dari LVS Consulting Lisa Sansom.

4. Jelaskan alasan untuk meninggalkan pekerjaan dengan cara positif dan konstruktif

Usahakan untuk membuat kepergian Anda dari kerja tetap positif. “Ketika mengatakan kepada manajer bahwa anda akan pergi, harus dengan alasan yang jelas, jangan menyalahkan orang lain atau mengatakan hal yang buruk, bicaralah mengenai apa yang ingin dicapai ke depannya dan apa yang sudah Anda pelajari di organisasi ini,” ujar Sansom.

(Feb)

5. Pastikan mengatakannya juga secara tulisan, bukan hanya secara verbal

Surat yang ditulis tidak perlu panjang, tulislah surat mengenai mengakui rasa terima kasih Anda untuk kesempatan yang telah diberikan. “Persiapkan surat yang ringkas yang sudah ditulis secara baik, dan jangan lupa mengatakan “terima kasih” pada atasan untuk kesempatannya,” ujar Yeckley.

6. Buat daftar semua hal yang dilakukan saat ini di posisi Anda

Sebelum Anda pergi, buat daftar apa yang saat ini Anda lakukan, termasuk dalam deskripsi pekerjaan dan apa pun yang Anda lakukan di luar tanggung jawab Anda. Dengan demikian, tim tahu apa yang perlu dicakup dan orang baru yang akan datang memiliki ide yang jelas tentang apa yang perlu mereka lakukan.

7. Tawarkan untuk membantu mencari seseorang untuk menggantikan posisi Anda

Jika memungkinkan, hal yang baik jika Anda membantu perusahaan untuk mencari seseorang untuk menggantikan posisi Anda sekarang.

“Bantu bos Anda atau tim rekrutmen untuk mencari karyawan yang kompeten sebagai pengganti Anda segera,” ujar CEO dan pemilik dari Mettl Ketan Kapoor.

8. Buat rekan kerja hidup lebih mudah

“Pastikan Anda meninggalkan dokumen yang luar biasa untuk para rekan kerja yang akan mengambil alih pekerjaan Anda ketika Anda pergi,” ujar Hetrick.

Bersikap penuh perhatian terhadap hal itu saat Anda bersiap untuk pergi membuat Anda terlihat lebih baik daripada jika Anda meninggalkan semua jenis bisnis yang belum selesai dan file yang tidak terorganisir sebelumnya.

9. Tetap positif dalam sosial media

Jangan terlalu negatif saat berbicara dengan atasan atau siapa pun di perusahaan tentang mengapa Anda pergi, tetapi jangan curhat atau mengeluh secara online juga.

Tidak baik mengahancurkan hubungan atau merusak reputasi Anda sendiri dengan secara sembarangan berekspansi di media sosial.

10. Tetap bekerja dengan keras sampai hari terakhir bekerja

Setelah mengatakan akan keluar kerja, jika Anda berharap untuk meninggalkan kesan yang baik, bekerja keraslah sampai hari terakhir. “Perlakukan hari-hari terakhir Anda seperti hari-hari biasa lainnya dan lakukan seperti biasanya,” kata Yeckley.

(Feb)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini