Harga BBM Premium Sempat Bikin Bingung, Begini Kronologinya

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 10 320 1962265 harga-bbm-premium-sempat-bikin-bingung-begini-kronologinya-foP24ZKufI.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Publik sempat dibuat bingung dengan pengumuman harga BBM jenis premium. Baru saja diumumkan, sesaat kemudian dinyatakan ditunda.

Sebenarnya, isu harga BBM sudah ramai sejak pagi. Diawali dengan kenaikan harga BBM Non Subsidi Pertamax.

Setelah santer beredar kabar, pada siangnya Pertamina menyatakan harga BBM di SPBU, khususnya Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO. Mulai Rabu (10/10/2018) ini dan berlaku di seluruh Indonesia pukul 11.00 WIB.

Baca Juga: Kementerian ESDM: Kenaikan Premium Ditunda, Sesuai Arahan Presiden

Melansir keterangan Pertamina, Rabu (10/10/2018), sedangkan harga BBM Premium, Biosolar PSO dan Pertalite tidak naik. Khusus untuk daerah yang terkena bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah sementara ini harga tidak naik.

 Pemasangan Dispenser Darurat Kios SPBU Mini Tol Pejagan Pemalang

Kemudian, pada siang jelang sore harinya, beredar kabar di kalangan wartawan bahwa Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati akan memberi keterangan tentang harga BBM pada pukul 16.30 WITA di lobi Hotel Sofitel Bali. Keduanya memang tengah berada di Bali, menghadiri rangkaian pertemuan IMF-World Bank 2018.

Pada jam tersebut, Menteri Jonan benar melakukan konferensi press bahwa BBM jenis Premium mengalami kenaikan, sebesar 7% menjadi Rp7.000 per liter.

"Sesuai arahan presiden, premium hari ini naik untuk Jamali (Jawa, Madura, Bali) Rp7.000. Naik 7%, di luar Jamali Rp6.900tergantung persiapan Pertamina ke 2.500 SPBU disesuaikan harganya," kata Menteri Jonan.

Baca Juga: Harga BBM Premium Naik Jadi Rp7.000/Liter

Namun, tidak sampai satu jam, Staf Khusus Menteri ESDM Hadi Djuraid mengatakan, penundaan kenaikan harga Premium dilakukan karena menunggu kesiapan Pertamina.

“Sesuai arahan Bapak Presiden rencana kenaikan harga premium di Jamali (Jawa, Madura, Bali) menjadi Rp7.000 dan di luar Jamali menjadi Rp6.900, secepatnya pukul 18.00 hari ini agar ditunda dan dibahas ulang sambil menunggu kesiapan PT Pertamina,” ujar Hadi.

 Pemasangan Dispenser Darurat Kios SPBU Mini Tol Pejagan Pemalang

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini