nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Pertamax Cs Tak Naik di 2 Daerah Ini

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 21:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 10 320 1962365 harga-pertamax-cs-tak-naik-di-2-daerah-ini-fvNBNxVRBe.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

NUSA DUA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan kenaikan harga pada bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO.

Meski demikian, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyatakan, kenaikan tersebut tidak berlaku untuk wilayah yang mengalami bencana alam, yakni di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Kecuali untuk di Lombok dan Sulawesi Tengah. Jadi itu Pertamax series, Pertamax Turbo, Pertamina Dex itu tidak di adjust (sesuaikan)," ujarnya dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10/2018).

Baca Juga: Kenaikan Harga BBM Pertamax Tak Berlaku di Lombok dan Palu

Untuk batas waktu penundaan kenaikan di wilayah terdampak bencana tersebut berada di keputusan Pertamina. "Kalau sampai kapan tanya Pertamina karena itu aksi korporasi," imbuh dia.

 

Sebelumnya. Jonan menyatakan keputusan menaikkan harga Pertamax cs untuk menyesuaikan kenaikan harga minyak mentah dunia. "Karena bertahun-tahun sebelumnya juga ini Perta series jenis bahan bakar umum yang mekanismenya dilepaskan kepada pasar," jelas dia.

 Baca Juga: Harga Pertamax Naik Rp900 Jadi Rp10.400/Liter

Dia menjelaskan, kenaikan ini ditujukan untuk masyarakat menengah ke atas, mengingat pengguna menengah ke bawah masih akan tetap menggunakan BBM bersubsidi yakni Premium dan Solar.

"Ini kan untuk konsumsi kalangan menengah ke atas, jadi pemerintah juga menyerahkan kepada mekanisme pasar untuk penyesuain harga pertaseries," katanya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini