nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zaman Now Masih Pakai BBM Premium?

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 08:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 11 320 1962792 zaman-now-masih-pakai-bbm-premium-eyx6BF13b4.jpg Foto: Reuters

JAKARTA – Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Ari Kuncoro mengatakan, pola konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) masyarakat Indonesia sudah berubah. Saat ini, masyarakat sudah 'malas' memakai Premium dan kini beralih ke Pertamax dan Pertalite.

“Ini salah satu ekspektasi inflasi. BBM pada zaman Presiden Soeharto, Gus Dur dan SBY itu simbol komoditi untuk rakyat. Kenaikan harga BBM itu naik dari ekspetasi inflasi,” ujarnya saat dihubungi Okezone.

 Baca Juga: Gelar Rakor, Keputusan Harga Premium Naik 'Seret' Menko Darmin

Menurutnya komponen ekspetasi inflasi tinggi namun bisa diredam. “Kita fokus efek inflasi melemahnya Rupiah saja. Soal kenaikan BBM ini kan kecil tetapi efek beritanya jadi besar. Orang-orang udah pada pakai pertalite. Jadi tidak ada kaitannya dengan melemahnya Rupiah,” ucapnya

Ari menambahkan, harus ada kebijakan nasional untuk kenaikan harga BBM seperti menggunakan mobil listrik kalau memang tidak menggunakan bahan bakar.

"Yang ada sekarang ini tidak terlepas, premium itu komoditi. Orang-orang pada beli pertamax daripada Premium. Pakai pertamax itu tarikannya kenceng. Zaman Now masih ngomongin premium. Ditunda dulu lah, fokus ke yang lain,” pungkasnya

 Baca Juga: Cerita Bos Pertamina soal Harga BBM Premium: Saya Tahu tapi Butuh Waktu

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini